Kampar Kembangkan Listrik dari Limbah Sawit

Kampar Kembangkan Listrik dari Limbah Sawit

Ridwan
Rabu, 20 Mar 2013 – 13:57:28 WIB

Satunegeri.com – Untuk mendukung program Bupati Kampar untuk menekan kemiskinan, pengangguran dan rumah-rumah kumuh, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar akan bekerjasama dengan PT Kepulauan Energi Lestari Polandia dalam bidang Energi Listrik yang diolah dari hasil Tangkos dan Cangkang.

Direktur Utama PT Kepulauan Energi Lestari Polandia Daniel S Kuswandi didampingi rekannya Mr Michael Kozlowski, Rabu (20/3), menjelaskan, pihaknya akan menginvestasikan dana sebesar jutaan dolar AS untuk pendirian pabrik pembangkit energi berkapasitas 3-4 MW menggunakan bahan baku sisa pabrik kelapa sawit tersebut.

Penggunaan bahan baku sawit untuk menghasilkan energi listrik ini merupakan cara baru untuk mengelola limbah menjadi energi terbarukan. Ia juga berharap produksi daya listrik bisa membantu mencukupi kebutuhan warga setempat dan industri yang terus tumbuh dan permintaannya meningkat dari waktu ke waktu.

Bupati Kampar Jefry Noer menyatakan, ada sebanyak 37 buah pabrik kelapa sawit di Kabupaten Kampar sebagai bahan baku untuk menghasilkan daya listrik tersebut.

“Dari tangkos saja bisa diproduksi sebanyak 54 ribu ton perhari belum lagi cangkang dan batang sawit yang mencapai ratusan ton, sehingga tak perlu khawatir kekurangan bahan baku,” ujarnya.

Pemda Kampar akan mendukung program investasi yang akan dibuat PT Kepulauan Energi Lestari Polandia tersebut karena ini merupakan salah satu cara untuk membantu untuk menolkan pengangguran sesuai program bupati termasuk menolkan kemiskinan dan rumah kumuh.

Bupati menyatakan sebagai wilayah yang kaya dengan hasil hutan dan banyak memiliki perkebebunan, Kampar membutuhkan investasi lain yang belum tergarap seperti disektor peternakan, budidaya perikanan, holtikultura serta pertambangan.

Tinggalkan komentar

21 Maret 2013 · 7:58 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s