Jepang Pertama Kali Mengekstrak Gas dari “Methane Ice”

ProEnergi.com
March 13 2013

BUMN milik Jepang, Japan Oil, Gas and Metal National Corporation (JOGMEC) mengumumkan pada Selasa 12 Maret 2012 bahwa mereka telah berhasil melakukan tes pertama kalinya di dunia, mengekstrak gas alam dari deposit hidrat metana (methane hydrate).

Mathane Hydrate, kadang disebut dengan “Methane Ice” adalah zan Kristal yang terbentuk ketika metana dan molekul air tergabung pada temperature rendah dengan tekanan tinggi.

Tim Aadi kapal riset pengeboran memulai ekstraksi gas dari lapisan hidrat metana sekitar 1000 meter di bawah dasar laut pada selasa pagi dengan menerapkan metode depressurization. JOGMEC akan mulai menganalisa data sementara itu pengujuan aliran akan dilanjutkan hingga akhir bulan ini.

JOGMEC menyoroti bahwa sekitar 40 triliun kubik kaki Metana ada dalam deposit hidrat metana di bawah laut di Palung Nankai Timur, jumlahnya setara dengan sekitar 11 tahun cadangan gas alam cair (LNG).

Keberhasilan pengujuan ini bisa mengindikasikan lompatan dramatis dalam bidang sumber daya gas non-konvensional, membuka kebangkitan energy untuk Jepang seperti halnya revolusi Shale di AS. Jepang memiliki tujuan untuk memulai produksi komersial deposit hidrat metana ini pada tahun 2018 mendatang.

Tinggalkan komentar

21 Maret 2013 · 12:09 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s