Dunia Peringati Hari Hutan 21 Maret

Dunia Peringati Hari Hutan 21 Maret

Foto: xlanx501.deviantart.com

EnergiToday.com
March 21 2013 10:14 am

Jakarta – Hari hutan sedunia diperingati oleh masyarakat dunia sekitar 30 tahun belakangan ini. Awalnya, hari hutan sedunia hanya diperingati oleh General Assembly of the European Confederation of Agriculture. Namun, tak berapa lama kemudian Perserikatan Bangsa-Bangsa – PBB segera mendukung kegiatan itu di seluruh dunia.

Tanggal 21 Maret dipilih oleh masyarakat dunia untuk menjaga momentum peringatan Hari Hutan Sedunia dengan mengkampanyekan 3 hal utama untuk menjaga keberadaan hutan di dunia, yaitu melindungi hutan, memanfaatkan hasil hutan, dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam untuk kesejahteraan manusia.

Hutan tidak hanya berisi pohon-pohon besar saja, tapi juga terdapat berbagai mahluk hidup yang berkembang biak di dalamnya, termasuk air, tumbuhan, dan hewan. Sayangnya, karena global warming – pemanasan global fungsi hutan sebagai paru-paru dunia mulai menipis. Pembukaan areal hutan, penebangan liar, pembabatan hutan untuk lahan pertanian dan segala kegiatan produksi komersial lainnya, termasuk memburu hewan-hewan liar yang hidup di hutan dilakukan manusia secara berlebihan.

Dari tahun ke tahun aktivitas itu terus berlangsung, sampai akhirnya pemanasan global, bencana alam, seperti longsor, banjir, dan lainnya mulai melanda. Oleh karena itu, untuk memperingati hari hutan sedunia, setiap organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup mengkampanyekan untuk penyelamatan hutan. (KDN)

Tinggalkan komentar

21 Maret 2013 · 10:37 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s