PLTGU Tanjung Batu Dapat Pasokan Gas, Konsumsi BBM PLN Berkurang 560 Kiloliter per Hari

PLTGU Tanjung Batu Dapat Pasokan Gas, Konsumsi BBM PLN Berkurang 560 Kiloliter per Hari

EnergiToday
March 15, 2013 @ 6:30 am

Jakarta – Setelah PLTGU Tanjung Batu mendapatkan pasokan gas dari Blok Simenggaris, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memperkirakan adanya pengurangan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 560 kiloliter per hari.

Menurut Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas PLN, Suryadi Mardjoeki, pihaknya telah mendapat alokasi gas sebesar 20 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd) dari Blok Simenggaris. Pasokan gas tersebut dipastikan bisa membangkitkan lisrik hingga mencapai 200 megawatt (MW).

Suryadi menjelaskan, saat ini Blok Simenggaris milik JOB Pertamina-Medco E&P Indonesia. Nantinya gas tersebut akan diolah menjadi gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) oleh PT Perta Daya Gas, yang merupakan anak usaha dari PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Indonesia Power.

Namun, tambahnya, pihaknya belum membuat kontrak jual beli gas dengan Medco dan Perta daya Gas. Diperkirakan harga gas di hulu akan dipatok sekitar US$ 7 per juta british thermal unit (mmbtu). Dengan biaya pemprosesan, regasifikasi, dan transportasi sekitar US$ 6 per mmbtu.

Oleh karena itu, PLN menghitung harga gas hingga ke pambangkit akan sebesar US$ 15 per mmbtu. dan Harga tersbeut dengan asumsi PLN tidak mengeluarkan biaya untuk investasi regasifikasi. (ID)

Iklan

Tinggalkan komentar

19 Maret 2013 · 1:07 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s