Lapangan Jimbaran Tetap Akan Pasok Gas untuk Petrokimia

Lapangan Jimbaran Tetap Akan Pasok Gas untuk Petrokimia

Ridwan
Senin, 18 Mar 2013 – 14:22:20 WIB

SatuNegeri.com – Terkait pernyataan Dirut PT Pupuk Indonesia, perusahaan induk BUMN pupuk termasuk Petrokimia Gresik, Arifin Tasrif yang mengatakan pasokan gas sebagai bahan baku pupuk Petrokimia Gresik disepakati berasal dari Lapangan MDA-MBH, Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Gde Pradnyana merasa bingung.

Padahal menurut Gde, sudah disepakati dalam rapat di Ditjen Migas Kementerian ESDM Januari lalu bahwa, pasokan gas ke PT Petrokimia Gresik berasal dari Lapangan Jambaran-Tiung Biru. “Saat itu, sudah disepakati gas ke Petrokimia Gresik berasal dari Jambaran,” katanya.

Menurut dia, pasokan gas dari Jambaran akan lebih murah dibandingkan Husky karena terletak di darat. Namun Petrokimia Gresik menolak pasokan berasal dari Lapangan Jambaran-Tiung Biru yang dioperasikan PT Pertamina Ep Cepu karena lebih mahal yakni US$8,88 per MMBTU.

Petrokimia Gresik akan membangun perluasan pabrik amoniak dan urea dengan kapasitas produksi masing-masing 825 ribu ton dan 570 ribu ton per tahun. Proyek yang akan dimulai 2013 diperkirakan beroperasi triwulan ke dua 2016.

Tinggalkan komentar

18 Maret 2013 · 3:12 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s