Jepang Temukan Gas dari Methane Hydrate

Jepang Temukan Gas dari Methane Hydrate

Ridwan
Rabu, 13 Mar 2013 – 08:27:29 WIB

SatuNegeri.com – Perusahaan energi Japan Oil, Gas & Metals National Corp. (Jogmec) dalam siaran persnya selasa(12/3) mengatakan telah berhasil memproduksi energi berupa gas dari methane hydrate atau metana hidrat. Gas tersebut diproduksi di pengeboran Palung Nankai yang terletak sejauh 50 km lepas pantai Honshu.

Jomec mengatakan, metana hidrat, yang juga dikenal sebagai “es yang bisa terbakar”, yang ditemukan memiliki jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gas alam Jepang untuk 100 tahun ke depan. Pemerintah Jepang berencana mengembangkan teknologi yang akan memungkinkan produksi gas tersebut secara komersil sebelum tahun 2018.

Metana hidrat adalah gas alam yang tersimpan di dalam molekul es. Palung Nankai Timur diperkirakan menyimpan cadangan gas metana setara dengan 40 triliun kaki kubik atau setara dengan impor gas alam Jepang selama 11 tahun.

Jepang memiliki ketergantungan terhadap impor energi yang sangat tinggi karena negaranya tidak kaya akan sumber daya alam. Setelah bencana tsunami dan gempa tahun 2011 lalu yang menyebabkan reaktor nuklir di Fukushima ditutup, Jepang semakin bergantung pada impor energi.

Tinggalkan komentar

18 Maret 2013 · 3:14 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s