GreenPeace Bangun PLTA di Kalimantan Tengah

GreenPeace Bangun PLTA di Kalimantan Tengah

Ridwan
Senin, 18 Mar 2013 – 08:08:44 WIB

SatuNegeri.com – Bekerjasama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Organisasi lingkungan Greenpeace melakukan penandatanganan kerjasama untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN Pusat, Abdon Nababan, pembangunan PLTA atau energy microhydro bersama Greenpeace diperuntukkan bagi masyarakat adat. Menurutnya, Wilayah adat memiliki potensi besar untuk dilakukan pembangunan energy microhydro sebagai pemenuhan kebutuhan energi alternatif.

“Potensi itu harus dimanfaatkan dengan baik. Dengan adanya MoU bersama organisasi lingkungan Greenpeace, kita harapkan pelaksanaannya dapat dilakukan secepatnya,” tambahnya.

Pembangunan energy microhydro di Balai Kiyu dilakukan untuk mendukung operasional Radio Komunitas Dayak, Suara Kiyu Meratus yang telah dibangun masyarakat adat Dayak Meratus setempat bersama AMAN pada 2012 lalu.

Radio Komunitas Dayak, Suara Kiyu Meratus yang merupakan pelaksanaan program kerja AMAN tersebut mulai mengudara pertama kali pada 23 Juli 2012 lalu di frekuensi 107,7 FM.

Namun setelah sempat mengudara selama sepekan, siaran radio terpaksa dihentikan karena genset yang digunakan sebagai sumber energi mengalami kerusakan. Karena saat ini wilayah tersebut belum tersentuh pembangunan energi listrik dari PLN.

Radio Komunitas Dayak itu sendiri dimaksudkan untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat adat Dayak Meratus karena wilayah pemukiman mereka yang berada di kawasan pegunungan tidak terjangkau sinyal telepon.

Rencananya, selain memproduksi berita sendiri pihak pengelola radio juga akan bekerjasama dengan salah satu stasiun radio swasta di Jakarta dan mengakses berita-berita yang ditayangkan oleh LKBN Antara untuk dibacakan.

2 Komentar

18 Maret 2013 · 12:18 PM

2 responses to “GreenPeace Bangun PLTA di Kalimantan Tengah

  1. ajengpratiwi

    bagaimana kelanjutan pembangunan PLTA saat ini? apa radio komunitas dayak meratus saat ini sudah kembali mengudara? t

  2. Mohon maaf mengenai kelanjutan’y saya kurang tahu dan mengenai radio komunitas dayak meratus lebih tidak tahu lagi karena saya bukan warga Kalimantan namun seseorang yang berstatus mahasiswa dari sebuah universitas di Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s