Kebijakan Hilirisasi Mineral Perlu Dipercepat

Kebijakan Hilirisasi Mineral Perlu Dipercepat

Rahma
Kamis, 07 Mar 2013 – 06:52:31 WIB

Satunegeri.com – Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Achmad Ardianto berpendapat kebijakan hilirisasi mineral perlu dipercepat. Pihaknya menilai proses pembuatan kebijakan hilirisasi mineral lamban. Akibatnya, peningkatan nilai tambah dan pengolahan mineral di dalam negeri pada 2014 yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara, sulit terwujud.

Menurut Achamad, pemerintah harus segera memutuskan kebijakan hilirisasi mineral. Kebijakan mineral itu harus menjadi acuan semua pemangku kepentingan pertambangan jika terjadi inkonsistensi dalam peraturan sebagai turunan undang- undang.

”Pemerintah perlu mempercepat proses pembuatan kebijakan mineral,” kata Achmad dalam acara kopi pagi yang diprakarsai Perhapi, Rabu (6/3), di Jakarta.

Sebelumnya, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Pengolahan dan Pemurnian di Dalam Negeri telah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 13 Februari 2013. Inpres ditujukan kepada delapan menteri, gubernur, dan bupati.

Penerbitan inpres ini dinilai terlambat mengingat proses pembangunan instalasi pengolahan, dengan kendalanya antara lain ketersediaan sumber daya, teknis, infrastruktur, keuangan, izin, serta skala ekonomi, tidak akan mungkin bisa dicapai pada 2014.

”Seharusnya inpres ini dikeluarkan bersamaan dengan diundangkannya UU Nomor 4 Tahun 2009 karena berbagai kendala yang diperhatikan dalam inpres itu merupakan hambatan klasik selama ini,” kata Achmad.

Pihaknya juga menyayangkan, dalam inpres itu, Kementerian Kehutanan tidak dilibatkan.

”Pembuatan kebijakan mineral hendaknya realistis, dan memperhitungkan berbagai aspek dalam proses pembangunan pengolahan, serta potensi penurunan penerimaan negara sektor mineral akibat kebijakan itu,” kata Ketua Kelompok Kerja Kebijakan Pertambangan Perhapi Budi Santoso.

Tinggalkan komentar

9 Maret 2013 · 2:26 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s