SKK Migas: Cadangan Minyak bumi Indonesia 3,6 Miliar Barel

SKK Migas: Cadangan Minyak bumi Indonesia 3,6 Miliar Barel

Ramdan
Jumat, 01 Mar 2013 – 09:20:30 WIB

SatuNegeri.com – Menurut data Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), saat ini jumlah cadangan minyak bumi Indonesia sebesar 3,6 miliar barel atau hanya 0,2 persen dari total cadangan minyak di dunia. Sementara cadangan gas Indonesia sebesar 104,25 triliun kaki kubik hanya sekitar 1,7 persen dari total cadangan gas dunia.

Karena itu, Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini mengatakan, saat ini dibutuhkan eksplorasi untuk menambah jumlah cadangan minyak dan gas di Indonesia, Sementara untuk bisa eksplorasi dibutuhkan investasi dalam jumlah besar.

Begitupun dalam kebijakan tata kelola migas hulu, Rudi menekankan harus mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu lifting migas, penambahan cadangan migas dan peningkatan kapasitas nasional. “Untuk menarik investasi tersebut, kita bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” tambah Rudi.

Untuk menarik investasi tersebut pemerintah menerapkan pengelolaan migas dengan sistem kontrak bagi hasil dengan perusahaan asing. “Ini bertujuan untuk membawa dana, teknologi dan keahlian sumber daya manusia untuk mendukung lifting dan meningkatkan cadangan, bersamaan dengan hal tersebut meningkatkan kapabilitas pekerja nasional yang berada di KKKS asing tersebut,” kata Rudi menandaskan.

Tinggalkan komentar

1 Maret 2013 · 9:40 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s