SISTEM MAHAKAM : PLTG Senipah Ditargetkan Masuk Sistem Mahakam

SISTEM MAHAKAM : PLTG Senipah Ditargetkan Masuk Sistem Mahakam

Bisnis.com  Rachmad Subiyanto
Kamis, 28 Februari 2013 | 18:41 WIB

Balikpapan – PT PLN (Persero) menargetkan pada Mei 2013 PLTG Senipah berdaya 2×41 MW, bisa masuk ke dalam Sistem Mahakam meskipun mundur dari rencana semula, Februari 2013.

Area Manager PT PLN (Persero) Area Samarinda Ismail Deu mengatakan saat ini PLN sedang melakukan negosiasi pembebasan lahan yang menjadi tempat penggelaran jaringan transmisi untuk masuk ke Sistem Mahakam.

Sistem ini melingkupi jaringan listrik di tiga kabupaten dan kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong.

“Masih ada satu lokasi lahan yang negosiasinya alot. Kami berharap bisa cepat selesai agar jaringan bisa secepatnya digelar,” ujarnya usai Pisah Sambut Area Manager PT PLN Area Balikpapan, Kamis (28/2/2013).

PLTG Senipah nantinya masuk ke dalam Sistem Mahakam melalui Gardu Induk Manggar Sari yang membutuhkan sekitar 120 menara saluran udara tegangan tinggi.

PLTG ini dibangun dengan kerja sama PT Toba Bara Sejahtera dan PLN.

Idealnya, daya mampu Sistem Mahakam harus mencapai 380 MW. Dia menambahkan untuk keseluruhan Sistem Mahakam sebenarnya memiliki daya mampu sebesar 360 MW. Hanya saja, gangguan pada beberapa pembangkit menyebabkan daya mampu hanya sebesar 282 MW.

Keadaan ini seolah tidak sebanding dengan beban puncak Sistem Mahakam mencapai 280 MW. Akibatnya, PLN harus mengeluarkan kelebihan tegangan ketika beban puncak terjadi untuk menghindari terjadinya gangguan yang lebih luas.

Ismail berpendapat kelistrikan di Balikpapan dan sekitarnya akan aman ketika suplai dari PLTU Senipah mulai beroperasi. Daya yang cukup besar dari pembangkit ini akan menjamin cadangan daya utamanya kota yang masuk dalam Sistem Mahakam.

Area Manager PT PLN Area Balikpapan Priyo Wurianto mengatakan pihaknya juga akan memetakan masalah yang mungkin akan dihadapi dalam mendistribusikan listrik.

Kondisi cuaca di Balikpapan yang akhir-akhir ini sering turun hujan dan angin kencang menjadi salah satu masalah yang mungkin mengganggu transmisi jaringan.

“Bisa saja ketika hujan atau angin ada gangguan transmisi sehingga harus padam. Karena itu, kami akan petakan masalanya,” tukasnya.

Dirinya menyebutkan kondisi listrik di Area Balikpapan cukup baik apabila dibandingkan dengan daerah lain di luar Pulau Jawa. Hanya saja, kekurangan daya menjadi salah satu isu strategis yang pelru segera dicarikan solusinya agar mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tinggalkan komentar

1 Maret 2013 · 9:07 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s