PLTSA BANTARGEBANG: Pertamina Tunjuk Solena Fuels Sebagai Mitra Teknologi

PLTSA BANTARGEBANG: Pertamina Tunjuk Solena Fuels Sebagai Mitra Teknologi

Bisnis.com  Riendy Astria
Jum’at, 01 Maret 2013 | 20:11 WIB

JAKARTA–PT Pertamina (Persero) dan PT Godang Tua Jaya sepakat menetapkan Solena Fuels Corporation sebagai mitra penyedia teknologi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA) di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi dengan kapasitas sekitar 120 MW.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) antara Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto, Executive Vice President Solena Yves Bannel, dan Diektur Utama PT. Godang Tua Jaya Rekson Sitorus di Jakarta hari ini. Pendandatanganan ini disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Karena Agustiawan.

Adapun penandatanganan JDA merupakan tindak lanjut dari kesepakatan awal antara Pertamina dan Godang Tua Jaya pada 8 Oktober 2012.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan proyek ini akan menggunakan teknologi pengolahan biomass municipal solid waste to power yang modern, efisien, dan ramah lingkungan.

Menurutnya, Solena Fuels Corporation merupakan penyedia tekonologi yang sudah terbukti (proven) dan memenuhi karakteristik sampah yang ada di Bantargebang dengan tingkat pemanfaatan sampah secara maksimal hingga mencapai zero waste.

Pengolahan sampah menjadi listrik dilakukan dengan membangun pembangkit listrik tenaga biomassa berbasis sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

“Kami mulai konstruksi pada 2014, rencananya akan on stream pada 2016,” kata Karen dalam konferensi pers usai penandatanganan JDA, Jumat (1/3). Adapun investasi proyek ini sekitar US$250 juta-US$300 juta.

Tinggalkan komentar

1 Maret 2013 · 10:18 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s