PLTA POSO II: Akan Dioperasikan Grup Kalla Pertengahan Maret

PLTA POSO II: Akan Dioperasikan Grup Kalla Pertengahan Maret

Bisnis.com  Henrykus F. N. Wedo
Jum’at, 01 Maret 2013 | 17:30 WIB

JAKARTA – Hadji Kalla Group akan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Poso II pada pertengahan Maret 2013.

Direktur Pengembangan Bisnis Kalla Group, Solihin Kalla menyatakan dengan pengoperasian PLTA Poso akan mengurangi beban subsidi listrik secara nasional Rp92 trliun per tahun.

“Pengoperasian PLTA Poso akan turut menghemat subsidi listrik di APBN sebesar Rp2 triliun per tahun,”ujarnya dalam siaran pers, Jumat (1/3).

Solihin menjelaskan penghematan Rp2 triliun berasal dari penghematan anggaran negara yang dikucurkan untuk membeli bahan bakar bila pembangkit listrik menggunakan diesel.
Dia menilai ongkos listrik per kwh dengan memakai diesel sekitar Rp3.600 dan hanya dijual Rp700 hingga Rp800 sehingga pemerintah mengalami kerugian yang sangat besar.

Harga listrik yang dijual dari PLTA Poso kepada PLN, lanjutnya, sekitar Rp700 hingga Rp800 per Kwh sehingga pemerintah tidak perlu lagi mengalami kerugian yang harus mensubsidi solar.

Menurutnya, Kalla Group berencana meresmikan pengoperasian PLTA yang menelan investasi Rp4 triliun itu pada pertengahan Maret 2013.

Tinggalkan komentar

1 Maret 2013 · 10:12 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s