PENDANAAN PLTMH: CIMB Niaga Salur Rp 100 Miliar Ke Tirta Gemah Ripah

PENDANAAN PLTMH: CIMB Niaga Salur Rp 100 Miliar Ke Tirta Gemah Ripah

Bisnis.com  Roberto A. Purba
Kamis, 28 Februari 2013 | 19:46 WIB

Jakarta – PT Bank CIMB Niaga Tbk menyalurkan kredit sebesar Rp100 miliar kepada PT Tirta Gemah Ripah untuk proyek pembangkit listrik tenaga mini hidro atau PLTMH di Jawa Barat.

Hery A. Zainal, Head of Global Corporate Indonesia Corporate Banking CIMB Niaga, mengatakan dari total pinjaman yang diberikan, sebesar Rp95 miliar merupakan pinjaman investasi dan sisanya untuk kebutuhan modal kerja.

“Bunga kreditnya sebesar 10%. Kapasitas PLTMH yang dibiayai 8 MW dengan lokasi proyek di Kabupaten Garut, Jabar,” katanya, Kamis (28/2).

CIMB Niaga, lanjutnya, sudah beberapa kali membiayai proyek pembangkit listrik sebelumnya, terutama berbahan batu bara.

Menurutnya, profil risiko pinjaman pembangkit listrik cukup beragam, antara lain dipengaruhi lokasi proyek.

“Misalnya, pembnagkit listrik batu bara tapi domisilinya di tengah hutan tetap dianggap risikonya besar. Untuk proyek PLTMH juga sama, karena tergantung debit air,” katanya.

Dia mengatakan plafon pinjaman global corporate CIMB Niaga rata-rata sebesar Rp100 miliar per debitur. Dari catatan perusahaan, serapan terbesar kredit dari bagian global corporate untuk sektor manufaktur.

Pada perkembangan terpisah, penyaluran kredit komersial CIMB Niaga per Desember 2012 sebesar Rp57,77 triliun atau naik 22% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2011 sebesar Rp47,26 triliun.

Realisasi tersebut berkontribusi sebesar 40% terhadap total kredit CIMB Niaga secara keseluruhan per 31 Desember 2012 yang mencapai Rp145,40 triliun.

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga mengatakan pihaknya membidik potensi pertumbuhan bisnis di sektor agrobisnis, manufaktur dan perdagangan, pariwisata, otomotif, dan consumer goods, dan pemberdayaan masyarakat kecil untuk menggenjot kredit.

Tinggalkan komentar

1 Maret 2013 · 9:14 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s