PT. Rekind Bangun PLTU Mamuju

PT. Rekind Bangun PLTU Mamuju

Ramdan
Rabu, 27 Feb 2013 – 14:52:24 WIB

SatuNegeri.com – Untuk pertaman kalinya PT Rekayasa Industri (Rekind) membentuk anak usaha produsen listrik swasta (independent power producer/IPP). dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 2 x 25 megawatt di Mamuju, Sulawesi Barat.

Direktur Utama PT Rekind Daya Mamuju, Harry Fardiman saat ditemui usai penandatanganan perjanjian jual-beli listrik di kantor pusat PLN, Jakarta, Rabu (27/2) mengatakan untuk pembangunan PLTU tersebut pihaknya menginvestasikan anggaran sekitar 100 juta dolar, 70 persen dari pinjaman bank lokal dan 30 persen dari internal perusahaan.

masuknya Rekind ke bisnis IPP menurut Harry dilakuakan sebagai usaha untuk memperkuat keuangan perusahaan. “Selama ini kami pegang EPC, sekarang kami ingin fixed income sehingga mengerjakan IPP,” kata Harry.Dan untuk pengerjaan konstruksinya, akan dilakukan pada triwulan ketiga atau keempat 2013 dan beroperasi komersial pada 2015.

Listrik dari PLTU Mamuju ini seluruhnya dijual oleh Rekind kepada PLN dengan penyediaan minimal 80 persen dari kapasitas pembangkit. Harga penjualan listrik dari PLTU Mamuju kepada PLN adalah 9,1 sen dolar AS per kilowatt-jam.

Pasokan batubara untuk PLTU Mamuju direncanakan berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Sedangkan listrik yang dihasilkan dari PLTU Mamuju nantinya akan disalurkan ke sistem Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat melalui jaringan transmisi 150 kilovolt ke Gardu Induk Mamuju.

Tinggalkan komentar

28 Februari 2013 · 6:45 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s