INDUSTRI PERTAMBANGAN: Aturan Izin Usaha Lewati Proses Clear Dan Clean

INDUSTRI PERTAMBANGAN: Aturan Izin Usaha Lewati Proses Clear Dan Clean

Lili Sunardi
Kamis, 28 Februari 2013 | 13:47 WIB

Jakarta – Kementerrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggunakan proses clear and clean izin usaha pertambangan (IUP) sebagai dasar untuk mendapatkan data cadangan mineral dan batu bara (minerba) yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Dede Suhendar, Direktur Pegusahaan Mineral Kementerian ESDM mengatakan proses clear and clean yang dilakukan Ditjen Minerba tidak hanya untuk mengevaluasi IUP, tetapi juga menginventarisasi cadangan minerba yang di setiap wilayah kerja pertambangan.

Pasalnya, sebelum melakukan penambangan, setiap perusahaan pemegang IUP telah melakukan eksplorasi untuk mengetahui jumlah cadangan minerba yang ada di wilayah kerjanya.

“Proses clear and clean itu juga untuk menginventarisasi data cadangan minerba. Selama ini kita sama sekali tidak mengetahuinya, padahal selama ini persoalan cadangan selalu dibebankan kepada pemerintah,” katanya di Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Dede mengungkapkan dalam proses clear and clean setiap perusahaan pemegang IUP diwajibkan untuk memberikan program kerja dan rencana produksinya kepada pemerintah pusat. Data tersebut kemudian dievaluasi kembali untuk mengetahui kebenarannya sebelum akhirnya dipublikasikan secara terbuka.

Menurutnya, data cadangan minerba yang dimiliki perusahaan pemegang IUP adalah data faktual, karena telah melalui proses eksplorasi dan penelitian. “Sebelum menambang, perusahaan itu kan melakukan eksplorasi untuk mengetahui cadangan di wilayah kerjanya, sehingga dapat menghitung besar investasi dan keuntungan yang akan diperolehnya,” jelasnya.

Tinggalkan komentar

28 Februari 2013 · 10:48 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s