BLOK MAHAKAM: Kalangan Ahli Usul Tender Terbuka

BLOK MAHAKAM: Kalangan Ahli Usul Tender Terbuka

Lili Sunardi
Kamis, 28 Februari 2013 | 14:23 WIB

JAKARTA – Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) mengusulkan tender terbuka dengan memberikan prioritas kepada PT Pertamina (Persero) untuk pengelolaan areal yang belum dikembangkan di Blok Mahakam.

Ketua Umum IAGI Rovicky Dwi Putrohari mengatakan tender secara terbuka untuk Blok Mahakam itu dapat mengoptimalkan investasi pengelolaan blok minyak dan gas bumi (migas) itu. Mekanisme tender terbuka itu juga dapat memastikan komitmen eksplorasi migas di wilayah itu.

Right to match kepada Pertamina dan Total artinya kedua perusahaan itu mendapatkan prioritas untuk mendapatkan Blok Mahakam.

“Adapun untuk meningkatkan kapasitas nasional, para peserta tender diutamakan dalam bentuk konsorsium yang 30% anggotanya perusahaan migas nasional,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Rovicky mengungkapkan Blok Mahakam harus dibagi menjadi dua bagian, yakni area yang telah berproduksi dan area yang belum dikembangkan. Pemisahan lokasi itu untuk meminimalkan risiko pengelolaan blok itu, serta untuk efisiensi dalam pengelolaannya.

Menurutnya, Pertamina sebagai perusahaan milik negara harus diberikan prioritas untuk mengelola area yang sudah berproduksi di Blok Mahakam.

Untuk itu, Pertamina harus melakukan strategi bisnis dan investasi untuk pengendalian risiko, seperti dengan membentuk konsorsium dan bermitra dengan Total yang telah berpengalaman mengelola blok itu.

Selain itu, kontrak pengusahaan migas kedepannya juga harus mencantumkan pemanfaatan energi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sesuai dengan harga keekonomiannya.

Pasalnya, dalam 20 tahun mendatang diperkirakan pertumbuhan kebutuhan energi dalam negeri akan melonjak tiga kali lipat dibandingkan dengan saat ini.

Tinggalkan komentar

28 Februari 2013 · 10:59 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s