ESDM Beri Sinyal Pertamina Tidak 100% Kuasai Blok Mahakam

ESDM Beri Sinyal Pertamina Tidak 100% Kuasai Blok Mahakam

Rahma
Senin, 25 Feb 2013 – 16:53:09 WIB

Satunegeri.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik mengatakan Pertamina tidak akan 100 persen menguasai Blok Mahakam. sebelumnya, Jero meminta Pertamina menghitung besaran kemampuan investasi perseroan di Blok Mahakam.

Menteri ESDM mengatakan, kepemilikan saham oleh Pertamina di Blok Mahakam pasca kontrak berakhir di 2017, dibarengi dengan kewajiban menyetor dana investasi. Selain itu, perseroan juga harus ikut menanggung resiko investasi tersebut.

“Makanya saya minta Pertamina hitung dengan cermat berapa dia mampu ikut memperoleh bagian saham, berapa bisa menyetor modal,” kata dia usai mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (18/2).

Menurut Jero, kepemilikan saham Indonesia di Blok Mahakam harus dihitung secara rasional sesuai kemampuan.

“Harus rasional, apa harus 100%, apa harus mayoritas. Kalau misal hanya mampu 30%, kenapa harus setor banyak – banyak,” ujar Jero.

Kepemilikan nasional di Blok Mahakam, memang akan memperbesar keuntungan negara selain dari bagi hasil. Tetapi, perusahaan nasional juga harus ikut pusing menyetor dana investasi.

“Bagian kita dapat tambahan cuma sedikit. Tetapi ikut pusingnya banyak,” katanya.

Sementara itu, PT Pertamina setuju tidak menguasai seratus persen pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur pascaberakhirnya kontrak Total E&P Indonesie tahun 2017.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, sesuai amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan dengan BUMN di Yogjakarta beberapa waktu lalu, Pertamina tidak saja konsentrasi di dalam negeri tapi juga konsentrasi di luar negeri.

“Kami juga harus mengembangkan fasilitas infrastruktur dalam negeri untuk kilang. Jadi, portofolio kami akan kami bagi,” kata Karen usai acara penandatanganan trustee and paying agent di Jakarta, Senin (25/02).

Karen tidak menjelaskan berapa persen penguasaan Pertamina dalam mengelola Blok Mahakam. Itu karena Pertamina masih melakukan negoisasi dengan pemerintah.

“Kami coba dulu berapa persen. Bila nanti sudah begitu mampu, SKK Migas akan memberikan seratus persen (pengelolaan Blok Mahakam) ke Pertamina,” jelasnya.

Tinggalkan komentar

26 Februari 2013 · 6:43 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s