Proyek 10.000 Megawatt Tahap 2 Molor

Proyek 10.000 Megawatt Tahap 2 Molor

Ridwan | Rabu, 20 Feb 2013 – 09:14:35 WIB

SatuNegeri.com – Proyek 10 ribu megawatt tahap 2 atau Fast Track Program 2 (FTP-2) yang sedianya selesai pada tahun 2016, sepertinya akan molor dari jadwal tersebut. Pasalnya saat ini masih banyak yang belum memulai pembangunan proyeknya.

Direktur Utama PT PLN Persero, Nur Pamudji, di Jakarta, Selasa (19/2) mengatakan, FTP-2 yang kemungkinan agak telat adalah PLTP. Karena Belakangan ini, menurutnya ada beberapa PLTP di Jawa yang kemajuan realisasi pengeboran dan lainnya masih belum jelas jadwalnya.

Namun untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang sedang berjalan pembangunan infrastrukturnya, seperti PLTP Muara Laboh, Sumatera Barat, dan PLTP Raja Basa, Lampung selatan. “PLTP Muara Laboh sedang pengeboran dan uap-nya sudah keluar, Raja Basa jalan aksesnya sudah dibangun. Tapi PLTP lokasi lain belum, seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujarnya.

Ia juga mengakui, dalam pengembangan proyek PLTP pihaknya banyak mendapat halangan, seperti perizinan dengan pemerintah daerah sampai restu dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut). Karena seperti diketahui, hampir keseluruhan PLTP berada di kawasan hutan, dan perlu melakukan pengeboran untuk mengambil potensi panas bumi.

Pada FTP-2 nanti, akan ada lima jenis pembangkit, dengan persentase Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 30 persen, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 17 persen, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) tiga persen, PLTP 49 persen, dan Pembangkit Listrik Enaga Gas Batubara (PLTGB) satu persen.

“Proyek FTP-2 merupakan pengembangan pembangkit listrik yang diprioritaskan memaksimalkan peran energi baru terbarukan (EBT) di dalam negeri,” tutup Nur Pamudji.

Sebelumnya, PLN mengungkapkan, pada FTP-2 kali ini, sebanyak 63 persen pembangunan pembangkit listrik akan dilakukan oleh Independen Power Producer (IPP) dan 37 persen oleh PLN.

Tinggalkan komentar

23 Februari 2013 · 3:57 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s