Pelindo III Tingkatkan Investasi

Pelindo III Tingkatkan Investasi

Rahma
Kamis, 21 Feb 2013 – 15:44:39 WIB

Satunegeri.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III tahun 2013 meningkatkan investasi. Direktur Keuangan PT Pelindo III Wahyu Suparyono menyatakan PT Pelindo III menanamankan investasi hingga Rp6,1 triliun.

“Investasi tersebut di antaranya dikucurkan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebesar Rp3,1 triliun,” kata Wahyu.

Ia mengatakan investasi tersebut juga dilakukan di Kalimantan Selatan ada di Pelabuhan Banjarmasin dan Kota Baru, juga di Kalimantan Tengah, termasuk Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Investasi lain dikucurkan pada pembenahan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang sekitar Rp100 miliar lebih,” kata Wahyu, Kamis (21/2).

Menurut Wahyu, tujuan investasi pada tahun 2013 tersebut untuk meningkatan produktivitas bongkar muat dan pelayanan kepada pemilik barang, supaya ekonomi bisa bergerak lebih lancar.

“Di antaranya bisa menggerakkan sektor riil dan menyerap tenaga kerja yang lebih besar, terutama tenaga kerja berasal dari daerah setempat,” katanya.

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebagai penerima kucuran investasi terbesar yaitu Rp3,1 triliun, nantinya akan digunakan untuk membangun pelabuhan.

Ia mengatakan saat ini antrean kapal untuk melakukan bongkar muat masih berlangsung dua sampai tiga hari, sehingga dengan pembangunan sektor bongkar muat itu, diharapkan bisa meminimalisasi waktu bongkar muat.

“Sekarang ini pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak baru berupa konstruksi. Sedang operasionalnya diharapkan sudah bisa mulai pada awal tahun 2014,” katanya.

Sedangkan investasi untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Mas, lanjutnya, untuk memperbaiki pembenahan pelabuhan, di antaranya folderisasi, termasuk penyempurnaan dan peninggian badan pelabuhan.

“Sebagaimana kita ketahui kendala utama Pelabuhan Tanjung Mas adalah rob. Adanya rob selama ini cukup mengganggu kelancaran bongkar muat. Investasinya mencapai Rp100 miliar lebih,” katanya.

Iklan

Tinggalkan komentar

23 Februari 2013 · 3:50 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s