Total E&P Tolak Aturan Bank Indonesia

Total E&P

Ridwan
Selasa, 19 Feb 2013 – 10:17:24 WIB

SatuNegeri.com – Dengan alasan tidak ada aliran dana hasil ekspor minyak bumi dan kondensat yang masuk, pihak Total E&P Indonesia mengaku tidak dapat mengikuti aturan Bank Indonesia yang mewajibkan semua eksportir menggunakan bank dalam negeri untuk transaksi ekspor mereka. Hal itu dikatakan Vice President Human Resources Communications and General Services Total E&P Indonesie Arividya Noviyanto.

Menurutnya, pihaknya tidak melakukan menjual sendiri minyak bumi dan kondensat yang mereka produksi. “Kami kontrak bagi hasil, harus diingat itu inkind. Kami menjual semuanya melalu trading company kami sehingga memang tidak ada aliran dana kepada Total E&P Indonesie,” kilahnya.

Namun jika tujuan Bank Indonesia hanya untuk pencatatan devisa ekspor, maka pihaknya bersedia menyediakan data pembukuan mereka. “Untuk keperluan rekonsiliasi atau yang lain kami siap membantu, datanya akan kami sediakan. Kami kirim barang nilainya A, setiap memberikan informasi bahwa yang dipindahbukukan senilai A,” kata Arividya.

Selain itu, jika kaitannya dengan stabilitas nilai tukar rupiah, Total merasa sudah berkontribusi besar terhadap Indonesia. Proust mengklaim Total telah menggunakan bank dalam negeri untuk pengelolaan belanja modal mereka setiap tahunnya.

Pihaknya merasa jumlah dana yang masuk lewat belanja modal jauh lebih besar ketimbang nilai penjualan minyak bumi. Dia mencontohkan pada 2011 total penjualan minyak dan kondensat sepanjang tahun sebesar 500 juta dolar AS.

“Kalau dalam hal membantu foreign exchange transaction, nilai liquid tadi cuma 500 juta dolar AS per tahun pada 2011, dengan produksi kami yang turun mungkin juga berkurang. Sedangkan dalam expenditure, investasi sekitar 2,3 miliar dolar, sudah banyak dolar yang kami impor untuk membayar vendor kami. Kami tetap berkontribusi,” terang Arividya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s