KONTRAK GAS: NuEnergy Jual Gas Ke Dharma Pratama Seharga US$10 Per MmBTU

3740743p

Foto: bisniskeuangan.kompas.com

Irvin Avriano A. | Senin, 18 Februari 2013 | 08:01 WIB

Bisnis.com JAKARTA: NuEnergy Gas Limited, perusahaan gas yang menghuni bursa saham Australia, akan menjual gas maksimal sebanyak 5 juta mmsfcd kepada perusahaan Indonesia bernama PT Dharma Pratama Sejati sebelum akhir tahun ini.

Rencana itu tertuang dalam pengumuman NuEnergy di Bursa Australia mengenai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) penjualan gas yang diproduksi perusahaan di Muara Enim PSC.Perusahaan akan mengenakan harga gas sebesar US$10 per mmBTU dengan target kuantitas penjualan 1 juta–5 juta mmscfd.

“Harga di level US$10 per mmBTU merupakan sebuah acuan harga baru untuk CBM di Indonesia,” ujar Chairman NuEnergy Graeme Robertston dalam keterbukaan informasi di Bursa Australia pagi ini (18/2/2013).

Gas tersebut akan diproduksi oleh pabrik rintisan (pilot plant) gas metan batu bara coal bed methane (CBM) NuEnergy.

MoU itu bersifat tidak mengikat, tidak eksklusif, dan masih tergantung dari persetujuan seluruh otoritas.

Perjanjian itu juga sedang mengkaji penandatanganan kontrak penjualan ada 30 September 2013 dan menjual gas dalam pertama sebelum akhir tahun ini.

Robertson mengatakan MoU tersebut merupakan langkah signifikan seiring dengan komersialisasi NuEnergy.

Menurutnya, penetapan harga juga mencerminkan tingginya permintaan di sektor energi domestik dan ekspor yang disuplai dari dan untuk Sumatra Selatan.

Sebagian besar gas dari Sumatra Selatan, lanjutnya, dibeli oleh pembeli dari Sumatra, Jawa, dan Singapura untuk pembangkit listrik, gas industri dan komersial, pengolahan minya, dan untuk ladang minyak.

Penetapan harga untuk pasar ekspor diharapkan dapat memberikan hasil investasi yang lebih tinggi, meskipun dalam proyek rintisan tersebut NuEnergy lega dengan penetapan harga sebesar US$10 mmBTU yang dapat mengundang investasi lanjutan.

Dharma Pratama Sejati juga dinyatakan sebagai pengembang dan pemasaran yang kredibel. Namun, tidak dijelaskan secara rinci identitas perusahaan pembelinya.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s