Impor Baja dan Aluminium Perlu Dievaluasi

Blog 16

Rahma  |  Selasa, 19 Feb 2013 – 10:30:13 WIB

Satunegeri.com – Indonesia mengimpor besi dan baja dalam jumlah besar. Ketua Asosiasi Industri Pengecoran Logam Indonesia Achmad Safiun menyatakan impor besi baja dan alumunium yang tinggi tersebut perlu dievaluasi. Tanun 2012, industri hilir Indonesia membutuhkan impor sekitar 9 juta ton besi baja dan 700.000 ton aluminium. Nilai impor besi baja Januari – Desember 2012 mencapai 10,14 miliar dollar AS.

Oleh karena itu, katanya, Indonesia  harus membangun seluruh proses pembuatan besi baja dan aluminium agar tidak lagi bergantung pada impor kedua jenis logam strategis tersebut.”Perlu beri insentif yang cukup bagi investor yang hendak berinvestasi di bidang tersebut,” kata KSafiun, di Jakarta, Senin (18/2).

Pembuatan besi baja dan aluminium lokal penting karena besarnya ketergantungan terhadap komoditas tersebut. Sebagai gambaran, kata Safiun, industri hilir Indonesia di tahun 2012 membutuhkan impor sekitar 9 juta ton besi baja dan 700.000 ton aluminium. Nilai impor besi baja Januari – Desember 2012 sebesar 10,14 miliar dollar AS.

Direktur Pelaksana Messe Dusseldorf Asia Gernot Ringling menegaskan, baja jadi produk pendorong perekonomian dunia.

”Lebih dari 1,3 miliar ton baja diproduksi dan digunakan setiap tahun,” kata Ringling.

Ringling menuturkan, 259 perusahaan industri logam dari 26 negara akan ikut ajang Indometal 2013 di JIExpo, Kemayoran, 20-23 Februari 2013.

Indometal 2013 yang digelar atas kerja sama Messe Dusseldorf Asia dengan Wahana Kemalaniaga itu juga akan diisi dengan serangkaian seminar.

Seminar membahas aneka topik seperti teknologi inovatif logam dan baja. Juga seminar menyangkut pengembangan hilirisasi mineral di Indonesia.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s