Perusahaan Petrokimia Asal Negeri ‘KPop’ Dirikan Pabrik di Indonesia

img_sn4_1_b

Foto: lottecon.co.kr

Zulfi Suhendra – Jumat, 15/02/2013 16:20 WIB
Detikfinance

Jakarta – Perusahaan produsen bahan baku petrokimia asal Korea Selatan, Lotte Petrochemical berminat untuk berinvestasi di Indonesia. Perusahaan ini telah mengincar lahan seluas 100 hektar di Cilegon, Jawa Barat.

Demikian yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto saat ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jumat (15/2/2013).

“Investor asal Korea Selatan telah menyatakan minatnya untuk mendirikan pabrik bahan baku petrokimia seperti Polyethylene dan Polypropylene seluas 100 hektare di Cilegon, Jawa Barat,” kata Panggah.

Dia mengatakan, investasi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan ini mencapai US$ 5 miliar. Namun, belum ada waktu pasti kapan perusahaan ini akan mulai membangun pabriknya. Panggah mengatakan, lebih cepat lebih baik.

“Investasinya sampai US$ 5 miliar, starting tergantung dari finishing persoalan legal dan mudah-mudahan bisa segera diselesaikan. Sehingga bisa segera dimulai,” lanjutnya.

Untuk pembangunan pabrik sendiri, lanjut Panggah akan memakan waktu paling lama hingga 4 tahun. Nantinya, jika telah beroperasi, perusahaan ini kemungkinan besar akan menggandeng mitra lokal dalam negeri.

“Mereka lagi mencari. Bisa pertamina atau lokal partner yang lain,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah menyambut baik adanya investasi ini. Pasalnya, jika terealisasi, impor bahan baku petrokimia yang selama ini mencapai US$ 6 miliar per tahun akan dapat ditekan hingga 20%.

“Seperti polyethilyne, polyprophelyne, paraceline, polyctrien. Yang impornya mencapai US$ 5-6 miliar setiap tahunnya. Pentingnya proyek ini adalah itu akan memproduksi macam-macam bahan baku, sehingga tidak saja bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga ada sisa yang bisa diekspor. Dan ini juga bisa meningkatkan daya saing kita,” tandasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s