Pertamina Punya Sumur Minyak Dengan Cadangan 31 Juta Barel di Kalimantan

Blog 3
Rista Rama Dhany – Jumat, 15/02/2013 17:59 WIB
Detikfinance

Jakarta – Lapangan Bunyu di Kalimantan Utara yang dikelola PT Pertamina EP Region Kawasan Timur Indonesia (KTI) ternyata memiliki cadangan minyak mencapai 31 juta barel.”Pada 2012 cadangan minyak di lapangan Bunyu mencapai 25 juta barel dan per 1 Januari 2013 cadangannya meningkat menjadi 31 juta barel,” kata GM Pertamina EP Region KTI, Sutoto Agustono ketika ditemui di Kantor Pertamina Pusat, Jumat (15/2/2013).Namun kata Sutoto, Lapangan Bunyu ini termasuk lapangan tua yang sudah dikelola sejak zaman Belanda pada tahun 1901.

“Bunyu merupakan lapangan tua, sejak zaman Belanda atau pada tahun 1901, kita bersyukur pada saat-saat ini uji sesmik yang dilakukan data-datanya masih kabur. Jadi sampai saat ini masih banyak terdapat cadangan minyaknya, kalau tidak pasti sudah habis dari dulu. Saat ini bisa dibilang tiap kali ngebor pasti akan dapat minyak di sana,” ucap Satoto.

Saat ini, kata Satoto, di Lapangan Bunyu terdapat 8 wilayah kerja, dan baru 2 wilayah kerja yang sudah beroperasi yakni WK Bunyu Tapa dan WK Bunyu Nibung.

“Kami akan terus melakukan eksplorasi di Bunyu dengan agresif. Program 5 tahun eksplorasi akan juga dilakukan di blok-blok lain,” ucapnya.

Lapangan Bunyu merupakan salah satu lapangan yang dikelola Pertamina EP, Bunyu masuk dalam region KTI yang juga mengelola beberapa lapangan lainnya seperti di Sangatta dan Lapangan Kamundang di Papua.

Luas lapangan Bunyu mencapai 165,7 km2, Lapangan Sangatta seluas 11.140 km dan Kamundang di Papua seluas 1.581 km.

Saat ini produksi minyak PT Pertamina EP total sekitar 120.000 barel per hari. Di mana Bunyu menyumbang 10.349 barel minyak per hari, ditambah produksi gas mencapai 9,98 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s