12 Tahun Menggali, Hanya 10 Perusahaan yang Berhasil Dapat Migas RI

Rista Rama Dhany – Jumat, 15/02/2013 14:44 WIB
Detikfinance

Jakarta -Produksi minyak Indonesia sedang dalam tren menurun, karena memang tidak ada sumur minyak baru yang berhasil ditemukan. Dalam 10 tahun terakhir hanya 10 perusahaan yang berhasil mendapatkan minyak dan gas (migas) di Indonesia.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo mengatakan, dari 10 perusahaan yang berhasil mendapatkan migas, sebagian besar yang didapat adalah gas. Sehingga pasokan produksi minyak Indonesia sulit bertambah.

“Bayangkan sejak 2001-2012 ada 174 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) atau perusahaan minyak yang tanda tangan kontrak untuk eksplorasi, namun hanya 10 perusahaan saja yang dapat dan baru POD (plan of development/rencananya pengembangan), dan dari 10 yang POD sebagian besar hanya dapat gas bukan minyak, dan yang paling besar juga cuma di Blok Cepu, lainnya kecil-kecil,” ungkap Susilo ketika ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Karena itu, Indonesia bisa dikatakan masih sangat bergantung kepada impor minyak untuk memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri yang jumlahnya terus meningkat, tak seimbang dengan peningkatan produksi minyak.

“Kita tidak bisa berharap dengan produksi minyak saat ini, jumlah produksinya malah terus turun dan sulit naik,” ucap Susilo.

Padahal, kata Susilo, idealnya setiap 1 barel minyak yang dikonsumsi, harusnya diimbangi dengan penemuan 1 barel cadangan minyak.

“Idealnya yang diproduksi harus diganti dengan penemuan cadangan migas baru, celakanya eksplorasi kita tidak berjalan seperti yang seharusnya terjadi. Karena itu dalam waktu 1-5 tahun mendatang tidak akan bisa naik produksi kita. Karena yang ditemukan kecil-kecil, untuk mengurangi penurunan produksi kita menggunakan EOR (Enhanced Oil Recovery), kita minta Pertamina agar geber EOR-nya,” tandas Susilo.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s