Sumba Akan Jadi Ikon Energi terbarukan

Traditional_house_Ratenggaro_Sumba

Foto: commons.wikimedia.org

Rahma  |  Kamis, 14 Feb 2013 | 13:28:27 WIB

Satunegeri.com – Pulau Sumba rencananya akan menjadi ikon pengguna energi terbarukan pada 2025. Hal tersebut menjadi salah satu program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Informasi tersebut diperoleh dalam Seminar Nasional Sumba Iconic Island di Jakarta, Rabu (13/2).

Seminar itu  dihadiri perwakilan dari Kementerian ESDM, Humanist Institute for Coorperation with Developing Countries (Hivos), dan perwakilan pemerintah dari empat kabupaten yakni Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya, serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.”Pemerintah pusat dan daerah akan bekerja sama dengan masyarakat dan swasta untuk mewujudkan Program Pulau Sumba Ikonik Energi Terbarukan,” demikian disampaikan Direktur Bioenergi Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana,

Dadan mengatakan, untuk memperlancar implementasi program tersebut dari sisi anggaran, dibutuhkan payung hukum secara khusus dalam bentuk peraturan menteri.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Sumba Icon Island Hivos, Adi Lagur, mengatakan, belum ada tanda-tanda nyata dukungan dari Pemerintah Provinsi NTT dalam program tersebut.

”Sejak memorandum of understanding (MOU) yang ditandatangani pemerintah dari empat kabupaten di Sumba bersama Hivos dan diketahui Gubernur NTT, belum terlihat realisasi dukungan yang konkret,” kata Adi.

Oleh karena itu, banyak pihak mempertanyakan program Kementrian ESDM dan  para pemangku kepentingan lainnya yang hendak menjadikan Pulau Sumba sebagai ikon pengguna energi terbarukan pada 2025. Ini karena,  sampai saat ini, payung hukum yang mengatur secara khusus tentang Sumba Iconic Island belum dibuat pemerintah. Energi terbarukan yang dimaksud adalah pemanfaatan energi yang ada di alam yaitu angin, matahari, air, dan biomassa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT Danny Suhadi membantah pendapat Adi. Menurut Danny, Pemerintah Provinsi NTT memberikan dukungan melalui pembangunan infrastruktur di daerah.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s