Solusi Krisis Listrik di Sumut Hanya Keinginan Pemerintah Menuntaskannya

tiang-listrik

Foto: nationalgeographic.co.id

Ramdhan  |  Kamis, 14 Feb 2013 – 11:40:54 WIB

SatuNegeri.com – Memprihatinkannya kondisi kelistrikan di Sumater Utara (Sumut) menurut Ketua Forum Pemberdayaan Ketenagalistrikan Indonesia, Martua Sinurat hanya dapat diatasi jika ada memiliki keinginan yang cukup besar untuk menuntaskannya.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Forum Curhat Rakyat di Gus Center Medan, (13/2). Menurutnya kondisi Sumus saat ini, berdasarkan angka yang dikeluarkan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), 16 persen penduduk Sumut masih ada yang belum tersinari listrik.

Menurut dia, untuk membangun listrik ini, Pemda tidak perlu menggunakan APBD. Karena saat ini banyak perusahaan yang sudah mengantongi izin, tapi tidak juga direalisasikan pembangunannya. Contohnya di Kabupaten Simalungun, meski izin lokasi dan kontrak jual beli arus dengan PLN sudah ada, namun tidak juga dibangun.

Persoalan lain kelistrikan Sumut, kata dia, adalah belum terealisasinya sejumlah proyek besar, seperti Asahan IV, Sei Batang Gadis, Batang Toru, Aek Sibundong, yang memiliki potensi daya listrik ratusan mega watt (MW).

“Ada persoalan perizinan dan segala macam yang menjadi kendala. Pemerintah daerah juga harusnya bisa mempercepat ini untuk pemenuhan energi listrik Sumut,” katanya.

Sementara pembicara lainnya, Direktur Eksekutif Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen (LAPK) Farid Wajdi, menyebutkan rezim pemerintah saat ini belum bisa memberikan menjamin manfaat kelistrikan yang maksimal. Bahkan, Sumut masih dikelompokkan sebagai wilayah krisis listrik dari Kementerian ESDM.

Karena itu, menurutnya semua cara harus dilakukan Pemda dan pemerintah pusat agar layanan kelistrikan yang diterima masyarakat bisa diandalkan. Tapi kami lihat langkah menuju ke sana itu dari pemerintah belum maksimal.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s