PASOKAN LISTRIK: PLN Targetkan Tambahan 182,3 MW Dari Pembangkit Kecil Di KTI

t

Foto: pulsk.com

Lili Sunardi | Kamis, 14 Februari 2013 | 20:45 WIB

Bisnis.com | JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 182,3 megawatt (MW) hingga akhir 2013 dari sejumlah pembangkit skala kecil yang dibangun di kawasan timur Indonesia.

Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang mengatakan tambahan listrik 182,3 MW itu berasal dari 12 pembangkit yang dikerjakan perseroan, yakni PLTU Kota Baru, PLTU Lombok, PLTU Rote, PLTU Kendari 3 Ext, PLTG Kaltim Peaking, PLTM Santong, PLTP Ndungga, PLTM Praffi, PLTM Budong-Budong, PLTM Rongi, PLTA Genyem, dan PLTP Ulumbu ADB.

“Tambahan listrik itu di luar program percepatan (fast track program/FTP) 10.000 MW tahap 1. Jadi itu berasal dari pembangkit skala kecil yang memang menjadi program regular PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi,” ungkapnya, Kamis (14/2).

Nasri mengungkapkan selain tambahan listrik untuk wilayah Indonesia bagian timur, PLN juga menargetkan mendapat tambahan listrik sebanyak 54 MW di wilayah Indonesia bagian barat tahun ini. Tambahan listrik itu berasal dari PLTGU Keramasan, dan PLTU Sanggau yang diperkirakan selesai Maret 2013 ini.

Selain itu, Nasri menjelaskan pada 2014 akan ada tambahan listrik sebesar 195 MW di wilayah Indonesia bagian timur dari 16 pembangkit yang saat ini telah masuk tahap konstruksi. Di Indonesia bagian barat direncanakan ada tambahan listrik sebesar 89 MW dari lima pembangkit yang juga sudah mulai masuk tahapan konstruksi.

Wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) memang menjadi wilayah yang memiliki rasio elektrifikasi yang rendah dibandingkan dengan wilayah lain di Tanah Air.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s