GAS BUMI: 5 Investor Garap Proyek Penyaluran Gas Di Jateng

g

Foto: sweetcrudereports.com

Donald Banjarnahor | Kamis, 14 Februari 2013 | 20:59 WIB

Bisnis.com | SEMARANG – Sebanyak lima investor akan segera membangun lima proyek penyaluran gas secara terpisah di Jawa Tengah pada tahun ini.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono mengatakan Jawa Tengah menjadi target ekspansi proyek penyaluran gas sejumlah perusahaan pada tahun ini.

“Yang kami tahu ada lima investor dengan lima proyek terpisah. Mereka adalah PT Pertagas, PT Perusahaan Gas Negara, Petronas bersama Bakrie Group, dan PT Rekayasa Industri dan terakhir PT Pertamina EP,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (14/2/2013).

Proyek yang dimaksud adalah pembangunan pipanisasi gas Semarang–Gresik oleh PT Pertagas. Proyek ini rencana akan dimulai pada tahun ini.

Selanjutnya, Perusahaan Gas Negara akan membangun jaringan pipa distribusi gas baru di wilayah Jateng sepanjang kurang lebih 200 kilometer yang menghubungkan Kota Semarang hingga Solo.

Adapun Petronas dan Bakrie Group akan membangun pipa gas ruas transmisi Kepodang–Tambak Lorok tahap pertama sepanjang 210 kilometer. Sementara itu Rekayasa Industri akan membangun pipa transmisi gas Semarang–Cirebon dengan panjang 300 kilometer.

Terakhir adalah proyek Central Processing Plant (CPP) Gas area Gundih Blora yang sedang dalam proses pembangunan oleh Pertamina EP. Proyek ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasokan gas ke PLTGU Tambak Lorok di Semarang, Jawa Tengah.

Teguh mengatakan pihaknya mendapat informasi proyek pipa gas ruas transmisi Kepodang–Tambak Lorok tahap pertama akan dimulai segera. “Proyek lainnya juga akan dimulai pada tahun ini, meskipun masih dalam tahap persiapan pembangunan,” katanya.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s