Kemenkeu Bebaskan Gas Bumi dari PPN

1c4158af8e4de47bfc1c4b3a997e7270

Foto: LOVE SHACK FOTO

Rahma  |  Rabu, 30 Jan 2013 | 14:11:53 WIB

Satunegeri.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membebaskan gas bumi dari pajak pertambahan nilai (PPN). Penerapan pembebasan pajak terhadap gas bumi tersebut tertuang dalam  peraturan baru. Aturan tersebut    untuk mendukung kebijakan konversi bahan bakar minyak ke gas untuk sektor transportasi, listrik, dan industri.

“Peraturan ini juga memberikan kepastian hukum mengenai perlakuan PPN atas penyerahan gas bumi karena selama ini belum kepastian hukum terkait hal ini,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan Pasal 4A Ayat (2) UU PPN, gas bumi yang dimaksud merupakan barang hasil pertambangan yang diambil langsung dari sumbernya, tidak termasuk elpiji yang siap dikonsumsi langsung oleh masyarakat.

Menurut Bambang, gas bumi yang termasuk dalam jenis barang yang tidak dikenai PPN dalam PMK nomor 252/PMK.011/2012, meliputi gas bumi yang dialirkan melalui pipa, liquified natural gas (LNG) dan compressed natural gas (CNG), sedangkan LPG dalam tabung yang siap dikonsumsi masyarakat tetap dikenai PPN.

Dengan demikian, menurut peraturan yang terbit pada tanggal 28 Desember 2012, LNG yang diserahkan kepada pengusaha terminal gas mengapung (FRSU) serta yang diserahkan pengusaha FRSU kepada PLN, tidak terutang PPN.

Kemudian, penyerahan CNG dan penyerahan gas bumi dalam pipa, juga sama-sama tidak terutang PPN, sementara LPG yang siap dikonsumsi tetap terutang PPN.

“Kami juga mengharapkan peraturan itu memberikan kepastian berusaha bagi para pelaku industri yang bergerak di usaha gas bumi,” ujar Bambang.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s