PLN Batam Bersiap Untuk IPO

pso-dirt.electricity-070912

Foto: psmag.com

Rahma  |  Selasa, 29 Jan 2013 | 09:45:22 WIB

Satunegeri.com – Perusahaan Listrik Nasional Batam bersiap untuk masuk pasar saham. Ketua Komisi III DPRD Batam Irwansyah mengatakan, sudah mendengar rencana penerbitan saham oleh anak perusahaan PT PLN itu. Namun, sampai sekarang PLN Batam tidak pernah menyampaikan apa manfaatnya bagi masyarakat.

”Penjualan perdana kurang beberapa bulan lagi, namun kami tidak pernah mendapat kejelasan apa manfaatnya bagi warga,” ujarnya, Senin (28/1), di Batam.

PLN Batam yang juga anak perusahaan Perusahaan Listrik Negara (Persero), diminta segera menjelaskan manfaat penerbitan saham perdana bagi masyarakat Batam, Kepulauan Riau. Dampak penerbitan saham dikhawatirkan lebih merugikan bagi masyarakat Batam sebagai satu-satunya konsumen PLN Batam.

Rencananya, PLN Batam akan masuk bursa tahun ini. Kementerian BUMN menargetkan awal semester II 2013, saham PLN Batam sudah tercatat di bursa. Karena itu, konsumen perlu mendapat penjelasan manfaatnya.

Juru bicara PLN Batam, Agus Subekti, mengatakan, penjelasan akan dilakukan oleh lembaga yang ditunjuk untuk menyampaikan rencana penerbitan saham. Hal itu sesuai ketentuan Badan Pengawas Pasar Modal.

Soal tarif, lanjut Agus, selama ini PLN menjalankan keputusan pemerintah. Di Batam, penetapan tarif oleh DPRD dan Pemerintah Kota Batam. ”Berapa yang diputuskan, itu yang kami kenakan ke pelanggan,” tuturnya.

PLN Batam masuk ke pasar saham,  sebab PLN Batam sampai saat ini hanya menjual listrik kepada penduduk dan pelaku industri di Batam. ”Konsumen PLN Batam tidak menerima subsidi seperti daerah lain,” ujarnya,

Ia juga mengatakan, keuntungan tidak selalu dari kenaikan tarif. PLN bisa melakukan efisiensi. Saat ini, efisiensi dilakukan dengan mengganti bahan bakar pembangkit dari BBM ke gas dan batubara.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s