Pemerintah Izinkan Saham Newmon Diambilalih BUMN

Newmont

Foto: bisniskeuangan.kompas.com

Maulana  |  Selasa, 29 Jan 2013 | 08:42:11 WIB

SatuNegeri.com – rencana pengambilalihan 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont) oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), telah direstui oleh pemerintah. “Bisa saja oleh BUMN, kenapa tidak,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa.

Menurut Hatta pengambilalihan tersebut dapat dilakukan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) lalu diserahkan kepada BUMN. “Melalui PIP karena mereka bersifat bridging, bukan tetap, jadi bisa menjadi jembatan, setelah itu dia bisa menyerahkan kepada BUMN,” jelasnya.

Selain itu pemerintah pusat juga mempersilahkan pemerintah daerah untuk mengambil alih saham PT Newmont Nusa Tenggara Timur, karena Keputusan Mahkamah Konstitusi No 2/2012 juga mengamanatkan agar pemerintah membeli saham tersebut.

Dia menjelaskan, pihaknya juga terbuka bagi pemerintah daerah yang berniat membeli divestasi saham Newmont. “Kan keputusan Mahkamah Konstitusi menyuruh pemerintah untuk membeli saham itu, nah kalau pemerintah daerah ingin beli saham Newmont, silahkan saja. Nggak ada masalah,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah pernah menunjuk PT Danareksa (Persero) dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), dua badan usaha milik negara non-bank, untuk membeli saham divestasi Newmont senilai US$ 246,8 juta. Pendelegasian ini bakal terealisasi apabila permohonan izin dari DPR berjalan lambat.

Sementara Menteri Keuangan, Agus Martowardojo masih belum bersedia menjelaskan lebih detail terkait masa perjanjian kontrak Newmont yang segera berakhir pada 31 Januari ini.

“Saya dari pemerintah belum bisa jawab karena masih jadi intern pemerintah. Kami akan menindaklanjuti apa yang menjadi tanggung jawab kami,” tutup Agus.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s