Industri Minerba Tidak Merusak Lingkungan

Proenergi.com

Foto: proenergi.com

Ramdhan  |  Selasa, 29 Jan 2013 | 09:29:08 WIB
SatuNegeri.com – Industri tambang mineral barubara (minerba) yang selama ini dianggap merusak lingkungan, dibantah oleh Ketua umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Achmad Arianto.

Peran industri tambang minerba sangat penting bagi ekonomi nasional. “Namun saat ini, yang terjadi justru masyarakat cenderung menstigma industri ini kotor, punya orang kaya dan hanya merusak lingkungan,” katanya.

Selama ini sejumlah lembaga sosial masyarakat di luar negeri (NGO) telah menginformasikan bahwa perusahaan sektor tambang minerba nasional terindikasi rawan penipuan dan merusak lingkungan di sekitar proyek.

“NGO di luar sana, mereka gencar sekali yang mengatakan bahwa sektor pertambangan banyak terjadi penipuan dan cap negatif lainnya,” ujar Didi.

Dengan stigma negatif tersebut, Didi meminta pada masyarakat agar tidak menjustifikasi semua sektor tambang minerba hanya berdasarkan sejumlah asumsi serta isu miring di lapangan.

“Jangan salahkan industrinya. Harusnya kita berbicara mengenai perusahaan mana yang kredibel dan mana yang  cari untung,” ungkap Didi.

Tinggalkan komentar

Filed under Mineral

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s