PGN anggarkan USD 300 untuk Ekspansi Jaringan Pipa Gas

Foto: arabiangazette.com

Maulana | Senin, 28 Jan 2013 – 12:56:27 WIB

SatuNegeri.com – Untuk ekspansi jaringan pipa distribusi tahun ini yang mencakup wilayah Jawa Barat, Bali, dan Kalimantan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah menyiapkan anggaran sebesar US$ 300 juta yang berasal dari kas internal PGN.

Dalam laporan equity daily, akhir pekan lalu, Kim Eng Securities mengungkapkan, PGN kemungkinan menggunakan gas dari lapangan di Sumatera Selatan untuk mendistribusikannya ke wilayah Jawa Barat. Sebelumnya, PGN mengharapkan pasokan gas dari Conoco Phillips untuk meningkatkan distribusinya dari 390 juta standar metrik kaki kubik per hari (mmscfd) menjadi lebih dari 400 mmscfd.

Sementara itu, menurut Kim Eng, jaringan distribusi Bali akan dipasok gas dari Selat Madura, Jawa Timur. Namun, di Kalimantan, PGN kemungkinan bakal bersaing dengan distributor gas swasta.

Sekertaris perusahaan Heri Yusup berharap untuk menyelesaikan pekerjaan Cikande-Bitung dengan akhir tahun. “Sementara itu, kami akan mulai bekerja di lain pipa yang menghubungkan Bitung dengan Cimanggis [Jawa Barat]. Saat ini, kami sedang mempersiapkan berkas-berkasinya” katanya.

Pada tahun 2013 ini, PGN bertujuan meningkatkan volume gas antara 8 persen dan 15 persen dibandingkan tahun lalu. “Antara Januari dan September 2012, perusahaan menjual sekitar 800 dan 820 mmscfd gas, dan diangkut 878 mmscfd gas.” tambahnya

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s