Perusahaan Austria Bangun Pabrik Serat Fiber US$ 700 Juta di Karawang

 

Fiber Optics

Foto: deathstyle.deviantart.com

detikfinance  Dewi Rachmat Kusuma
Senin, 28/01/2013 17:39 WIB

 Jakarta – Austrian Federal Economic Chamber atau Kamar Dagang Industri (Kadin) dari Austria melalui perusahaan South Pacific menanamkan investasi sebesar US$ 700 juta di Indonesia.Mereka akan membangun pabrik viscose fiber (serat fiber) sebagai bahan baku tekstil di Karawang, Jawa Barat yang nantinya salah satu hasilnya adalah batik.

 Deputi Menko Perekonomian Bidang Hubungan Luar Negeri Rizal Afandi Lukman mengatakan, pihak Austria saat ini tengah mengembangkan bisnisnya di Indonesia dengan membangun pabrik serat fiber untuk dijadikan bahan pakaian.

“Austria sangat tertarik investasi di Indonesia karena pangsa pasar disini besar sekali. Saat ini pembangunan pabrik sedang berjalan,” kata Lukman usai diskusinya bersama beberapa delegasi dari Austria, di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (28/1/13).

Nantinya, kata dia, hasil dari pengolahan serat fiber tersebut yang merupakan bahan baku untuk tekstil akan dipasarkan di Indonesia. Jika memang pasar domestik sudah terpenuhi, tidak menutup kemungkinan akan diekspor ke pasar Asia.

“Mereka sudah punya kantor dagang di sini. Mereka melihat potensi pasar di Indonesia sangat bagus. Makanya mereka datang ke sini. Untuk pasar dalam negerinya saja gede. Indonesia masih dipandang sebagai negara yang sangat atraktif,” terangnya.

Sementara itu, President of the Austrian Federal Economic Chamber Christoph Leitl mengatakan, Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar dengan penduduk mencapai sekitar 240 juta jiwa. Hal itu menjadi sasaran pasar untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

“Indonesia punya potensi pasar yang sangat besar. Ini bagus untuk tujuan investasi,” kata Christoph.

Dalam 4 tahun terakhir hingga tahun 2011, tercatat angka investasi kerjasama perdagangan bilateral Indonesia-Austria mencapai US$ 450 juta.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s