Usulan Penghapusan Pajak Eksplorasi Migas Ditolak Menkeu

Gambar

Rahma | Minggu, 27 Jan 2013 – 11:43:58 WIB

Satunegeri.com – Usulan para pengusaha untuk menghapus pajak eksplorasi minyak dan gas (migas) ditolak Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo.Menkeu berpendapat para pengusaha, khususnya disektor migas, selalu berkeinginan untuk menghilangkan kewajiban-kewajibannya terhadap negara. Disisi lain, katanya, Kementerian Keuangan harus mengejar target penerimaan negara yang semakin meningkat meskipun terdapat penurunan harga komoditi dalam beberapa bulan kuartal terakhir.

“Kemenkeu menolak keinginan pengusaha untuk menghapus atau memangkas pajak eksplorasi migas,” ujar Menkeu dikantornya, Jakarta, Jumat (25/1).. Ini seperti yang diutarakan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). Penghapusan maupun pemangkasan pajak eksplorasi tersebut dinilai akan mengganggu penerimaan negara.

Meski demikian Menkeu menyatakan pihaknya bersedia untuk mempertimbangkan untuk memberikan insentif untuk meningkatkan produksi disektor migas, terutama untuk eksplorasi lahan-lahan migas yang sudah tua. Namun dia menyatakan pihaknya tidak akan melakukan perubahan kesepakatan yang disebabkan oleh melonjaknya harga minyak.

“Jadi selalu kalo ada upaya untuk minta dihapus atau apa, tentu tidak bisa direspons dengan tidak melihat secara strategis bagaimana pentingnya penerimaan negara,” kata Menkeu

Sementara itu Menkeu kembali mengatakan pihaknya belum berencana melakukan penyesuaian kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dia juga mengaku belum sempat mengadakan pertemuan dengan Menteri ESDM terkait kenaikkan harag minyak dunia karena kesibukan masing-masing dan padatnya agenda rapat kabinet pekan lalu.

“Kita bersedia mendiskusikan (insentif) kalau ada yang bisa membuat penerimaan minyak itu meningkat tentu sesuatu yg baik. Tapi kalau seandaianya sesuatu yang sudah disepakati pada saat minyak berada di saat harga minyak masih US$40 per barel, karena harga minyak naik terus kemudian mau ada perubahan tentu kita gak bisa berikan,” jelas dia.

Dia berencana mengadakan pertemuan tersebut pada pekan depan, apakah ditingkat Koordinasi di Menko Perekonomian atau ditingkat Kementerian ESDM untuk membahas rencana pengendalian konsumsi BBM. Namun dia menyatakan Kementerian ESDM yang akan menjelaskan rencana pengendalian dan pembatasan BBM bersubsidi

“Kementerian ESDM nanti akan menjelaskan tentang rencana pengendalian dan pembatasan yang ada. Kunci-kuncinya adalah di bagian BBM subsidi tersendiri, konversi gas, dan energi alternatif. itu adalah kunci-kunci yang akan dibicarakan. Detilnya saya belum bisa bicarakan,” pungkasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s