Monorel ‘Made In Bekasi’ 90% Pakai Komponen Lokal

Monorel

Wiji Nurhayat – detikfinance
Sabtu, 26/01/2013 17:34 WIB

Jakarta – Tidak hanya Jepang atau negara maju yang bisa memproduksi monorel, Indonesia pun ternyata bisa. Walaupun dengan berbagai keterbatasan, PT Melu Bangun Wiweka saat ini bisa memproduksi monorel pada pabriknya di Bekasi.”Ini made in Indonesia, yang buat dari mulai prototype dan mesin juga orang Indonesia,” kata salah seorang pimpinan PT Melu Bangun Wiweka Tris Budiono saat dihubungi detikFinance, Sabtu (26/1/2013).

Menurut penuturan Tris, nama Kusnan Nuryadi adalah tokoh di balik keberhasilan PT Melu Bangun Wiweka memproduksi monorel. Tris mengungkapkan 90% komponen yang terdapat di dalam monorel PT Melu Bangun Wiweka adalah buatan Indonesia.”Jadi 90% komponen kita adalah made in Indonesia, sisanya 10% itu dalam bentuk conventer saja. Tetapi sudah ada perusahaan Indonesia yang bisa memproduksi conventer serupa,” katanya.

Seperti diketahui, pagi tadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sempat berkunjung ke pabrik PT Melu Bangun Wiweka di Kawasan Cibitung, Bekasi Jawa Barat. Tris mengatakan Dahlan Iskan sempat melihat kereta monorel berjalan di perlintasan sepanjang 50 meter.

“Tadi Pak Dahlan datang ke sini dan melihat kereta monorel maju dan mundur di lintasan sepanjang 50 meter,” tandasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s