Ini Alasan Pertamina Bikin Kantor Petral di Singapura

Foto: iberita.com

detikfinance  Rista Rama Dhany
Rabu, 23/01/2013 18:29 WIB

Jakarta – Banyak pihak mencurigai anak usaha Pertamina yaitu PT Pertamina Energy Trading (Petral) Ltd diletakkan di Singapura agar permainan mafia minyak tidak terbongkar. Namun tudingan itu dibantah Pertamina dan ini alasannya.”Petral dibuka di Singapura karena masalah strategi operasional bisnis Pertamina saja,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir saat ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Dikatakan Ali, Singapura dipilih karena merupakan salah satu negara yang menjadi pusat perdagangan minyak di Asia Pasifik.

“Karena Singapura merupakan pusat perdagangan minyak di Asia Pasifik, dan tentunya suatu kelaziman kita buka di Singapura (Petral) untuk kepentingan trading arm di sana,” jelas Ali.

Kata Ali, perlu diketahui Petral adalah trading arm di Pertamina. Petral adalah kepanjangan tangan Pertamina yang mengurusi impor minyak.

“Tetapi Petral tidak diberi kewenangan untuk memutuskan hal apapun, karena semuanya ada ditangan kantor pusat Pertamina (direksi Pertamina),” tegas Ali.

Bahkan dengan keberadaan Petral di Singapura, Pertamina mendapatkan keringanan dari pemerintah Singapura yakni berupa insentif pajak.

“Dengan Petral di Singapura, kita mendapatkan insentif pajak dari pemerintah Singapura, bahkan kita mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Singapura karena Petral dinilai sebagai perusahaan yang baik dan transparan,” tambah Ali.

Ali mengibaratkan, Petral adalah seperti sebuah restoran terkenal dan besar yang membuka agen di sebuah pasar induk yang memasok bahan kebutuhan restoran mereka.

“Saya ibaratkan, kalau sebuah pasar induk di Jakarta, jualan sayur dan macam-macam, ada restoran ternama yang pasti akan membuka agen di pasar tersebut untuk memasok kebutuhan restoran tersebut. Jadi ini masalah operasional bisnis saja,” cetus Ali.

Petral selama ini bertugas membeli minyak dari luar negeri untuk kebutuhan di Indonesia. Banyak pihak yang seringkali mencurigai adanya praktik kongkalikong dalam pengadaan impor minyak di Petral.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s