INDUSTRI ROKOK Dikepung 3 Peraturan Menteri Kesehatan

Cigarette

Foto: ecign.blogspot.com

Newswires
26 January 2013 05:49

Jakarta – Setelah terbit PP tentang Tembakau, pemerintah akan menerbitkan aturan turunan dalam bentuk Peraturan Menteri Kesehatan atau Permenkes.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan tiga peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) sebagai peraturan lanjutan dari PP No 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

“Sekarang sudah ada tim yang membahas, ada tiga permenkes yang telah disiapkan, ‘picture health warning’ atau peringatan gambar ini sudah dibuat draftnya. Permenkes tentang bahan tambahan pada rokok dan Permenkes tentang produk,” kata Dirjen Pengendalian Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, Jumat (25/1).

Selain ketiga Permenkes tersebut, Tjandra mengatakan masih ada beberapa peraturan lain yang akan disiapkan sesuai dengan kebutuhan, namun ketiga peraturan tersebut dianggap sebagai yang paling mendesak untuk segera ditentukan.

Menurut Tjandra, dalam hal peringatan kesehatan di bungkus rokok yang harus dicantumkan antara lain adalah kadar zat-zat penyusunnya, harus adanya tulisan “tidak aman”, hanya boleh dijual kepada orang berusia di atas 18 tahun atau tidak boleh dijual kepada anak-anak.

“Selain permenkes, juga disiapkan peraturan dari Kepala BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan),” kata Tjandra.

Sementara itu, sanksi bagi penerapan PP Tembakau itu, menurut Tjandra, telah tercantum dalam empat kelompok yaitu, UU Kesehatan, PP Tembakau itu sendiri, Peraturan Menteri Kesehatan dan Peraturan Kepala BPOM yang dibuat sebagai turunan PP Tembakau serta peraturan lainnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s