Mempertahankan Asing di Blok Migas Adalah Perampokan

Foto: nafthillal.com

Jumat, 25 Jan 2013 – 10:29:18 WIB

SatuNegeri.com – Dalam diskusi yang digagas oleh Petromine Watch Indonesia di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (23/1), Marwan Batubara menyatakan mempertahankan kekuasaan asing di beberapa blok Migas merupakan tindakan perampokan yang dilakukan pemerintah.

Ia mencontohkan Mahakam yang sudah gamblang permasalahannya dimana ketika Pertamina bilang mau dan mampu, dan dikatakan potensi blok Mahakam masih ribuan triliun sementara sudah dikelola asing hampir setengah abad.

“Apa nggak sudah waktunya ini diserahkan ke Pertamina tapi oleh pejabat seperti Jero Wacik, Rudi Rubiandini, terus-terusan mencari alasan siapa bilang Pertamina mampu, kapasitasnya dan sebagainya,” kata Marwan.

Jika SBY terus membiarkan bawahannya seperti Jero Wacik dan Rudi Rubiandini menghalangi Pertamina, bahkan meng-entertain kepentingan Total E & P juga Inpex, maka jelas bahwa SBY sama  berkepentingan untuk mendapatkan rente dari keduanya.

“Baca statement  Widjajono(alm) (mantan Wamen ESDM) bulan September dan Agustus bahwa itu akan dikelola oleh Pertamina, lalu kenapa ini dirubah sama Wacik, kenapa SBY diam?,” imbuhnya.

Yang paling penting dalam masalah ini menurutnya bukanlah perihal besaran pendapatan negara  mulai 6 sampai 7 triliun lagi, tapi ini bicara ribuan triliun dan harga diri bangsa. Pertamina juga tidak bangkit-bangkit, karena yang bermasalah bukan di Pertamina tapi di luarnya.

“Jangan-jangan ia bagian dari orang yang sengaja supaya dapat keuntungan dari Pertamina lewat jalur melanggar hukum, masa kita tidak mampu kenapa asing neken dan kita tidak mau untuk mempertahankan hak kita itu. Orang banyak mengecam korupsi yang banyak terjadi di Pertamina kalau memang ini terus menjadi isu SBY bisa bersihkan sebagai atasan atau minimal menteri, karena kalau ini terus berlangsung dan negara terus dirugikan,” pungkasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s