Iress Kritisi Keputusan SKK Migas Atas Blok Natuna

Gambar

Ramdhan  |  Jumat, 25 Jan 2013 – 10:14:36 WIB

SatuNegeri.com – Indonesia Resources Studies (IRESS) mengkritisi langkah Satuan Kerja Khusus migas (SKK migas) atas Blok Natuna. Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Khusus migas (SKK migas) Rudi Rubiandini, menyatakan, lebih memprioritaskan pengembangan proyek Blok East Natuna yang berpotensi 46 triliun kaki kubik (tcf).

Sikap Kepala SKK Migas tersebut dikritisi, Direktur Eksekutif  IRESS, Marwan Batubara, bahwa  Blok Natuna dapat dikatakan memiliki nilai penting, dengan potensinya sebesar 46 tcf. Namun, menurutnya masih butuh waktu lama dan dana besar. Sehingga, akan lebih efesien jika pemerintah memprioritaskan Blok Mahakam tersebih dahulu. “Jadi, Blok Mahakam tidak lagi jatuh ke tangan asing,” kata Marwan.

Menurut Marwan, Blok Mahakam telah banyak menelan uang negara untuk dibayarkan melalui cost recovery. Maka, jika kontrak blok Mahakam telah berakhir dari KKKS maka otomatis bisa diambil negara dan dikelola oleh Pertamina.

“Oke masih ada investasi, tapi itu kecil tinggal melanjutkan jadi dimana masalahnya. Seandainya jika memang ini bukan 10 tcf, tapi 1 tcf sekalipun tersisa apa masalahnya Rudi Rubiandini tidak serahkan ke Pertamina,” tegas Marwan.

Marwan juga mempertanyakan pernyataan Rudi yang hanya karena potensi migas di Mahakam lebih kecil daripada Natuna, lantas dibiarkan dikelola oleh asing. Padahal, kata Marwan,  kenyataan yang terjadi, hanya 1000 barel pun akan dicari oleh Pertamina dengan menggunakan EOR (Enchanced Oil Recovery) dan berinvestasi ke luar negeri untuk jumlah yang hanya 1/5 atau 1/10 blok Mahakam.

“Jadi logika dia kita tantang untuk berdebat di depan publik, jangan membohongi media dia bicara ke media berarti dia membohongi rakyat dia membela kepentingan asing, dia ingin supaya ini diserahkan kepada Total tapi saya tidak yakin dia berdiri sendiri karena dulu dia baik, saya khawatir dia dipaksa untuk ngomong seperti itu,” tambahnya. (ed.rahma)

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi, Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s