Bosowa Bangun Pabrik Semen Pertama di Sorong

Pabrik

Foto: dgi-indonesia.com

Jumat, 25 Jan 2013 – 13:42:28 WIB

SatuNegeri.com – Grup Bosowa akan menjadi raksasa semen di Asia Tenggara, dengan pembangunan pabrik semen keenamnya di Sorong. Saat ini saja, Bosowa sudah memproduksi 3,5 juta ton semen. Sebanyak 2,5 juta ton diproduksi di Kabupaten Maros (Sulawesi Selatan) dan sisanya di Batam (Kepulauan Riau) sebanyak hampir satu juta ton semen per tahun.

Dengan kehadiran pabrik semen Bosowa di Sorong merupakan pabrik semen yang pertama kali berdiri di wilayah tersebut.Diharapkan harga semen di wilayah itu bisa lebih murah

Chief Executive Officer (CEO) Grup Bosowa Erwin Aksa mengatakan, pada tahap awal, pabrik semen Bosowa Sorong hanya berkapasitas 750.000 ton per tahun. “Namun, kami akan menambah kapasitas produksi menjadi 1,2 juta ton per tahun pada tahap kedua dalam 3 tahun mendatang,” katanya.

untuk mendukung rencana penambahan kapasitas tersebut, Bosowa Grup akan membangun pembangkit listrik senilai Rp50 miliar, yang akan menghasilkan daya 10 Mega Watt dan akan dibangun setelah pabrik tersebut beroperasi dengan pasokan listrik utama berasal dari PT PLN (Persero).

Rencananya, pabrik semen tersebut akan memenuhi kebutuhan semen masyarakat untuk pembangunan infrastruktur di Papua Barat, Papua, dan Maluku dengan harga yang lebih murah daripada harga jual saat ini.

seiring dengan mulai berproduksinya pabrik semen baru Bosowa di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, produksi semen Bosowa akan menjadi hampir lima juta ton. Sedangkan untuk tahun, kapasitas pabrik akan meningkat pesat menjadi 10,5 juta ton.

Sejak tahun 2007 hingga 2011, kebutuhan semen dalam negeri meningkat, dengan pertumbuhan rata-rata sebesar enam persen per tahun. Data ini ditunjang tren pengadaan semen yang juga terus meningkat sejak 2005. Pertumbuhan ini secara makro akan meningkatkan sendi-sendi pertumbuhan di seluruh wilayah Indonesia.

Secara nasional, Bosowa menargetkan investasi di industri semen senilai Rp 6,5 triliun hingga 2015. Investasi ini terkait upaya perseroan meningkatkan produksi semen Bosowa hingga 10 juta ton per tahun atau sebesar 20% dari total kebutuhan semen nasional pada tahun 2015. Investasi ini tak lepas dari niat manajemen perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur utamanya di KTI.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s