PLN: Rasio Elektrifikasi Gorontalo Tertinggi di RI

Electricity power lines 2

Foto: acer.europa.eu

Okezone  Pebrianto Eko Wicaksono
Kamis, 24 Januari 2013 13:03 WIB

JAKARTA – PT PLN (Persero) menyebut rasio elektrifikasi di Kabupaten Gorontalo saat ini sudah mencapai 91,18 persen. Angka ini membuat kabupaten Gorontalo dengan RE tertinggi di Indonesia.

Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Vickner Sinaga mengatakan, di Provinsi Gorontalo yang terdiri atas lima kabupaten dan satu Kotamadya, rasio elektrifikasinya hingga akhir 2012 adalah 60,65 persen.

“Pemerintah melalui PLN memiliki kewajiban dan berkomitmen untuk terus membangun dan meningkatkan infrastruktur kelistrikan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Gorontalo. Agar program pembangunan kelistrikan ini dapat berjalan dengan baik sangat membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah dan warga Masyarakat Gorontalo,” kata Vickner, seperti dikutip dari situs Resmi PLN, Jakarta, Kamis (24/1/2013).

Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Amin Mootalu menyampaikan harapannya agar PLN dapat terus membantu Kabupaten Gorontalo dalam hal pembangunan infrastruktur kelistrikan di Gorontalo.

“Harapan kami semoga di 2013 pembangunan kelistrikan di Kabupaten Gorontalo dapat terus berlanjut dan lebih ditingkatkan sehingga taraf hidup dan pertumbuhan ekonomi masyarakat terus meningkat,” tambah Amin.

Provinsi Gorontalo juga akan menjadi pionir dan menjadi daerah pertama di Indonesia yang mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Bio-Massa (PLTB) yang berlokasi di Kabupaten Gorontalo dengan memanfaatkan sisa limbah jagung. Gorontalo selama ini dikenal sebagai daerah produsen jagung nasional. Pengoperasian PLTB berkapasitas 500 kW tersebut direncanakan akan mulai dilakukan pada Semester I 2013 ini.

Sistem kelistrikan Gorontalo saat ini juga sudah terhubung dengan sistem interkoneksi kelistrikan Sulawesi Utara-Gorontalo (Sulutgo) yang menyalurkan listrik dari sistem kelistrikan Minahasa ke 3 Gardu Induk (GI) yang ada di Provinsi Gorontalo, yaitu masing-masing GI Isimu, GI Marisa dan GI Botupingge. Pengendalian sistem operasi transmisi kelistrikan di Gorontalo dilakukan oleh Trafo Gardu Induk.

Tinggalkan komentar

Filed under Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s