Pemerintah Ubah Strategi Program Konversi BBM ke BBG

Pemerintah Ubah Strategi Program Konversi BBM ke BBG

Ridwan | Selasa, 22 Jan 2013 – 14:50:45 WIB

SatuNegeri.com – Dalam APBN 2013, pemerintah menetapkan Rp.470 miliar untuk infrastruktur pipa gas. Hal itu merupakan perubahan strategi pemerintah program konversi pemakaian bahan bakar minyak untuk kendaraan ke bahan bakar gas (BBG).

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM, Edy Hermantoro di Jakarta, Selasa (22/1) mengatakan, dengan penyediaan infrastruktur pipa gas ini, pehaknya mengharapkan swasta juga ikut masuk dalam program BBG ini, sehingga program konversi akan makin meluas.

Dengan perubahan strategi tersebut, Rp.470 Miliar yang awalnya disalurkan ke PT Pertamina (Persero) untuk program konversi BBG, kini sebagian dana sekitar Rp130 miliar untuk pembangunan jaringan pipa gas SPBG.

Sedang, sisa dananya atau sekitar Rp340 miliar akan digunakan Pertamina membangun SPBG online yang diperkirakan berjumlah lima unit. Pembangunan satu unit SPBG diperkirakan membutuhkan biaya investasi Rp70 miliar.

Edy menambahkan, Ditjen Migas Kementerian ESDM akan meminta bantuan pemda dalam pembebasan lahan untuk infrastruktur pipanya. Alternatif lokasi infrastruktur pipa antara lain berada di ruas Bekasi-Jakarta atau Jakarta Utara. Di luar itu, Kementerian ESDM juga akan membangun satu “mother” stasiun dengan 4-5 “daughter” senilai total Rp127 miliar.

Iklan

Tinggalkan komentar

23 Januari 2013 · 7:39 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s