Pemerintah Prioritaskan KKKS Asing Untuk Eksplorasi Migas Wilayah Timur

Pemerintah Prioritaskan KKKS Asing Untuk Eksplorasi Migas Wilayah Timur

Selasa, 22 Jan 2013 – 10:15:36 WIB

SatuNegeri.com – Untuk mengeksplorasi Minyak dan Gas (Migas) yang ada di wilayah Indonesia timur yang kebanyakan berada di laut (offshore), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengutamakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) perusahaan asing. Hal itu dikatakan oleh Menteri ESDM, Jero Wacik di Jakarta, Senin (21/1).

Menurutnya, teknologi KKKS lokal belum mumpuni untuk eksplorasi offshore. “Kita mesti hati-hati. Saya mendingan kasih KKKS asing saja daripada ke perusahan lokal,” kata Menteri ESDM, Jero Wacik.

Selain itu, menurutnya eksplorasi offshore setidaknya perlu investasi sebesar US$60-100 juta sekali melakukan pengeboran. Jika lapangan tersebut dryhole maka, kerugian sepenuhnya ditanggung oleh KKKS.

“Wah harus lihat juga potensi KKKS lokal. Saya sih mending perusahaan asing yang rugi dari pada mengorbankan perusahaan lokal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini mengharapkan kegiatan eksplorasi migas dikembangkan di bagian wilayah timur Indonesia guna menambah alokasi cadangan.

Menurut Rudi, saat ini saja eksplorasi migas sudah sekitar 95% dilakukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa, sementara sisanya hanya tersebar di wilayah timur Indonesia

Menanggapi permintaan Rubi, Kepala Dinas Humas dan Hubungan Kelembagaan SKK Migas, Rinto Pudyantoro berpendapat bahwa untuk eksplorasi di wilayah Indonesia Timur tidak terlepas dari kondisi disana.

Dimana lapangan-lapangan disana umumnya di laut dalam, sehingga tingkat kesulitan relatif tinggi dibanding laut rendah atau yang di darat. Kondisi ini otomastis berdampak pada biaya operasional, juga infrastruktur untuk eksplorasi.

Ia juga menyatakan kini pihaknya mempunyai Forum Komunikasi Wilayah Eksplorasi yang dibagi menjadi barat dan timur, difasilitasi dan diberikan asistensi. Juga dibantu dan mencari jalan keluar pada perusahaan minyak yang mencari daerah eksplorasi.

“Dari SKK Migas disana kita punya perwakilan tempatnya di Sorong yang sangat aktif disana dan sudah turun langsung, dari jaman BP Migas sudah ada tapi ini melakukan eksplorasi lebih sering kata Pak Rudi. Target wilayah timur pasti ada target, data dicek nanti,” jelas Rinto.

Tinggalkan komentar

23 Januari 2013 · 7:32 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s