1 Liter Limbah, Berarti Membayar 5% dari Total Keuntungan Produksi

1 Liter Limbah, Berarti Membayar 5% dari Total Keuntungan Produksi

Dede Surya Pradipta
Senin, 21 Jan 2013 – 08:52:23 WIB

SatuNegeri.com – Limbah ini menjadi salah satu masalah lingkungan yang paling mengkhawatirkan. Bagaimana tidak !! Perusahaan besar seringkali membuang limbah produksi mereka sembarangan ke sungai ataupun sumber aliran air lainnya.

Hal ini tentu saja berdampak pada keseimbangan ekosistem sungai. Air sungai yang bersih dan biasanya digunakan untuk keperluan berbagai kegiatan, kini harus tergantikan dengan air sungai yang menghitam dan tidak layak digunakan.

Ikan ikan yang dulunya berenang bebas, kini harus mati mengapung karena zat racun limbah. Masyarakat pun kini tidak bisa lagi merasakan bagaimana lezatnya ikan.

Kalaupun mereka bisa, bersiaplah menjadi agen penumpuk penyakit yang akan muncul di masa mendatang dan membahayakan kita. Mungkin ide ini bisa dijadikan suatu solusi.

Bagi setiap perusahaan yang membuang limbahnya secara sembarangan di daerah aliran air seperti sungai, danau, laut dan sebagainya , maka akan dikenakan sanksi yakni setiap 1 liter limbah yang mereka buang maka mereka harus membayar 5% dari keuntungan produksi.

Uang yang terkumpul akan digunakan sebagai dana untuk rehabilitasi sungai dari limbah maupun sampah. Semoga dengan cara ini akan tersadar bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Salam Green Unity.

Tinggalkan komentar

23 Januari 2013 · 7:28 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s