SURYA ESA PERKASA: Raih Pasokan Gas Senoro, Siap Bangun Pabrik Amoniak Di Sulteng

Achmad Aris
Senin, 21 Januari 2013 | 15:35 WIB

JAKARTA–PT Surya Esa Perkasa Tbk melalui anak usahanya PT Panca Amara Utama, mendapatkan pasokan gas alam sebanyak 55 MMSCFD dari lapangan gas Senoro hingga 2027.

Ketentuan tersebut tertuang dalam pokok-pokok perjanjian jual beli gas dengan Joint Operating Body Pertamina Medco Tomori Sulawesi (JOBPMTS) yang ditandatangani, hari ini Senin (21/), dalam acara IndoGAS 2013 Conference & Exhibition.

Kanishk Laroya, Corporate Secretary & Head of Investor Relations Surya Esa, menerangkan penandatanganan perjanjian tersebut merupakan langkah penting untuk pencapaian financial close dan komersialisasi PAU.

“Dengan menggunakan bahan baku gas alam dari Senoro, PAU [Panca Amara Utama] akan membangun pabrik Amoniak berkapasitas 700.000 metrik ton per tahun di Sulawesi Tengah,” katanya, dalam keterangan resminya.

Menurutnya, pasokan pertama gas dari Senoro diharapkan terlaksana pada kuartal I/2015 untuk kegiatan precommissioning.

“Produksi komersial diharapkan pada kuartal III/2015 dengan estimasi biaya proyek sebesar US$750 juta,” ujarnya.

Kanishk mengatakan proyek ini akan mendukung himbauan pemerintah untuk memaksimalkan pemanfaatan dalam negeri dan penambahan nilai atas gas alam, selain untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan penambahan produksi pupuk.

“Harga gas PAU akan dihubungkan dengan indeks harga Amoniak. Pada saat Desember 2012, dengan harga Amoniak sebesar US$720 per metrik ton, PAU akan membeli gas seharga US$8,44 per MMBTU,” tambahnya.

PAU akan bekerja sama dengan JOBPMTS untuk menyelesaikan perjanjian penjualan gas pada kuartal I/2013 dan memperkuat hubungan kerja sama yang lebih baik.

Tinggalkan komentar

Filed under Minyak & Gas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s