Kebutuhan Gula Rafinasi Untuk Industri Kecil Menengah Capai 300 Ribu Ton

Ridwan
Senin, 21 Jan 2013 – 14:02:31 WIB

SatuNegeri.com – Kebutuhan gula rafinasi oleh industri kecil dan menengah (IKM) pangan nasional pada tahun 2013 ini diperkirakan mencapai 300 ribu ton. Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) , Suryo Alam.

Menurutnya, dalam  tiga tahun terakhir, terjadi pertumbuhan dari sebelumnya 240 ribu ton pada 2010. Karena itu, pihaknya berkomitmen menjamin pasokan untuk kebutuhan gula rafinasi IKM pangan nasional. Salah satunya, kata dia, dilakukan dengan menjalin MoU antara AGRI dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Wenang, Sulawesi Utara (Sulut).

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Dirjen IKM Kementerian Perindustrian (Kemperin), Euis Saedah, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, di Jakarta, Jumat (18/1).

Dirjen IKM Kemperin, Euis mengatakan, jumlah IKM pangan saat ini mencapai 1,5 juta unit. Sementara secara total, jumlah IKM nasional tercatat 3,8 juta unit.

“Pertumbuhan IKM pangan kita mencapai rata-rata 16% per tahun, di atas rata-rata IKM secara umum yang sekitar 10%. Saya berharap, penandatangan kerja sama KUD Wenang dan AGRI dapat memicu daya saing produk IKM pangan domestik, khususnya dalam menghadapi perdagangan bebas Asean pada 2015,” kata Euis.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Industri Kecil Menengah Argo (AIKMA) Bekasi, Jawa Barat, Suyono mengatakan, IKM pangan pengguna gula rafinasi bergantung pada kualitas. Pasalnya menurutnya, hal itu sangat mempengaruhi kualitas produk.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s