TUMPAHAN MINYAK BP: Ribuan Orang Banding Atas Kesepakatan Damai US$7,8 Miliar

Bloomberg
Minggu, 20 Januari 2013 | 12:18 WIB

LOS ANGELES – Ribuan individu dan pelaku bisnis yang menggugat BP Plc atas kerusakan akibat tumpahan minyak 2010 di Teluk Meksiko ajukan banding atas persetujuan hakim dalam penyelesaian damai senilai US$7,8 miliar.

Brent Coon, pengacara penggugat yang memilih keluar dari kesepakatan, mengatakan dalam permohonan di pengadilan federal di New Orleans bahwa dia mengajukan banding atas persetujuan hakim itu pada Jumat (18/1/2013) waktu Amerika Serikat atau Sabtu (19/1/2013) waktu Jakarta.

Dalam daftar yang mengajukan banding terlampir nama-nama lebih dari 10.000 individu dan bisnis yang menantang kesepakatan itu.

Tahun lalu Coon mengatakan bahwa kliennya tidak akan berpartisipasi dalam penyelesaian class action karena ada terlalu banyak masalah teknis dengan proses klaim, yang ia sebut “lambat, sulit dan tidak bisa dijelaskan.”

BP, yang berbasis di London, pada Maret tahun lalu sepakat untuk membayar sekitar US$7,8 miliar guna menyelesaikan klaim penggugat atas kerugian ekonomi, kerusakan properti dan kecelakaan akibat peristiwa kebocoran minyak.

Penyelesaian secara damai di luar pengadilan itu dicapai sehari sebelum sidang yang telah dijadwalkan terkait kewajiban perusahaan dalam kasus tumpahan minyak 2010.

Ledakan dan kebakaran kapal pengeboran lepas pantai Deepwater Horizon menewaskan 11 pekerja dan menumpahkan jutaan barel minyak mentah ke Teluk.

Kecelakaan itu memicu ratusan gugatan terhadap BP, Transocean Ltd (pemilik operator pengoboran), dan Halliburton Co, yang menyediakan jasa penyemenan.

BP menghadapi tuntutan tambahan miliaran dolar sebagai denda polusi terhadap masyarakat sipil dan biaya untuk memulihkan sumber daya alam yang rusak akibat tumpahan minyak.

Hakim Distrik AS Carl Barbier telah menjadwalkan sidang non-juri pada 25 Februari di New Orleans, di mana ia akan membagi tanggung jawab perdata antara BP dan perusahaan lain yang terlibat dalam bencana itu.

Dalam permohonan Jumat lalu di pengadilan, BP meminta agar dakwaan pidana terhadap perusahaan dan karyawannya tidak digunakan sebagai bukti dalam sidang perdata.

BP telah setuju untuk mengaku bersalah atas 14 tuduhan, termasuk sebagai penyebab kematian 11 pekerja dan membayar US$4 miliar.

Kasus tumpahan minyak Horizon Deepwater Oil Rig di Teluk Meksiko pada 20 April 2010 terdaftar di Pengadilan Wilayah AS Louisiana (New Orleans) dengan nomor register MDL-2.179.

Tinggalkan komentar

Filed under Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s