Pengawetan Ikan Dengan Cairan Ramah Lingkungan

SatuNegeri.com – Selain dengan metode pengasapan, kini untuk mengawetkan ikan telah ditemukan metode pengawetan menggunakan asap cair. Asap cair merupakan senyawa-senyawa yang didapat dari bahan-bahan baku yang digunakan untuk pengasapan ikan yang dilakukan proses lanjutan sehingga menghasilkan cairan.

pembuatan asap cair, Menurut hasil penelitian para peneliti dari Badan Litbang Kelautan dan Perikanan, Diah Lestari Ayudiarti dan Rodiah Nurbaya Sari, didapat melalui beberapa tahapan yaitu pirolisis, kondensasi, dan redestilasi.

Kayu atau serbuk kayu dipirolisis pada suhu 200-450 Celsius hingga menghasilkan asap, kemudian asap yang dihasilkan dikondensasikan menjadi bentuk asap cair. Lalu asap cair hasil kondensasi yang mengandung kadar tar yang tinggi itu didestilasi berulang-ulang untuk menghilangkan kadar tar tertentu.

kelebihan Pengolahan ikan atau belut menggunakan asap cair yaitu praktis penggunaannya, rasa produk yang lebih seragam, dapat digunakan secara berulang-ulang, lebih efisien dalam penggunaan bahan pengasapan, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis pangan.

Hal yang paling penting bagi kesehatan konsumen adalah dengan menggunakan asap cair, kandungan karsinogen dapat dihilangkan dan berbagai bakteri pun dapat dilumpuhkan tanpa mengurangi nilai gizi bahan makanan.

Selain itu, asap cair tidak menyebabkan polusi udara, asap cair juga tidak menimbulkan emisi poliaromatis hidrokarbon (PAH)–yang bersifat karsiogenik. Penggunaan asap cair pada ikan segar atau ikan fillet juga dapat dilakukan dengan cara merendam produk ke dalam larutan asap cair pada waktu dan konsentrasi tertentu tergantung dari jenis ikan.

Penggunaan asap cair dilaporkan Balitbang KP, pada pengenceran 2,5 kali terhadap steak Cakalang dapat menghambat oksidasi lemak lebih baik pada pengenceran 5 kali. Selain itu penggunaan asap cair meningkatkan daya simpan steak Cakalang hingga 6 hari untuk penyimpanan pada suhu kamar.

Tinggalkan komentar

Filed under Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s